Cara Upload Gambar di Instagram Agar Terlihat Bagus

Setiap pengguna Instagram tentunya menginginkan foto yang di upload di instagram terlihat bagus. Ga usah bingung ya, Beginilah cara membuat gambar Anda terlihat sebagus mungkin di Instagram.

Instagram, seperti Facebook , mengubah ukuran dan mengompres gambar Anda agar sesuai dengan pedoman mereka. Meskipun algoritme tampak kurang agresif dibandingkan dengan Facebook (yang masuk akal karena Instagram pada dasarnya adalah jaringan berbagi foto), masih lebih baik untuk melakukan sebanyak mungkin pengubahan ukuran dan pemangkasan sendiri — algoritme yang tumpul cenderung agak berat.

Instagram mendukung gambar dengan lebar hingga 1080px dan tinggi antara 566px dan 1350px. Artinya, rasio pemangkasan antara 1,91: 1 (tanaman lanskap lebar) dan 4: 5 (tanaman potret persegi).

Apa pun di antara kedua rasio ini juga bagus — itu hanya nilai maksimum. Jika gambar Anda lebih lebar, ukurannya akan diubah agar sesuai dengan lebar 1080px. Demikian pula, jika pemangkasan berada di luar rasio yang diterima, seperti gambar potret 2: 3, Anda akan dipaksa untuk memangkasnya menjadi 4: 5.

Instagram tidak mempublikasikan pedoman ukuran file apa pun tetapi, setelah bermain-main, saya menemukan bahwa sebagian besar foto saya dikompresi menjadi JPEG antara 150 kb dan 190 kb. Sekali lagi, hal ini masuk akal: di bawah 200 kb adalah ukuran file yang cukup standar untuk penggunaan web.

Dengan mengingat hal itu, mari kita bicarakan tentang membuat gambar Instagram Anda terlihat terbaik.

Edit Foto Anda
Bahkan sebelum memikirkan ukuran file dan rasio pemangkasan, Anda harus mengedit gambar apa pun yang Anda rencanakan untuk dikirim di Instagram . Ini tidak harus berupa manipulasi gambar yang berat tetapi, setidaknya, Anda harus mempertimbangkan:

Membersihkan titik debu, noda, atau masalah lainnya .
Menyesuaikan kecerahan dan kontras .
Meningkatkan saturasi dan warna.
Memperbaiki masalah white balance .
Melakukan sesuatu yang kreatif seperti pengencangan warna, mengubahnya menjadi hitam putih , atau menggunakan aplikasi filter.

Alat pengeditan Instagram sekarang cukup solid jadi, jika Anda mau, Anda dapat menggunakannya. Ada juga banyak aplikasi fotografi hebat di luar sana dan, tentu saja, jika Anda menggunakan komputer, selalu ada Lightroom dan Photoshop — benar-benar, pilihan terbaik.

Pangkas dan Ubah Ukuran Gambar Anda
Setelah Anda menyiapkan foto Anda, sekarang saatnya menyiapkannya di Instagram. Seperti yang kita bicarakan sebelumnya, Anda perlu memotong dan mengubah ukuran foto Anda menjadi lebar 1080px dan tinggi antara 566px dan 1350px. Anda juga ingin mencoba dan mendapatkan ukuran file kurang dari 200kb.

Dengan Photoshop, Lightroom, atau editor komputer lainnya, itu sederhana. Cukup atur pengaturan simpan atau ekspor ke dimensi yang tepat. Anda dapat menggunakan pengaturan kualitas untuk mengontrol ukuran file.

Di ponsel cerdas, segalanya menjadi sedikit lebih canggung karena Anda perlu menggunakan aplikasi terpisah. Saya suka Image Size untuk iOS dan Photo & Picture Resizer untuk Android . Buka foto di aplikasi mana pun yang Anda gunakan, lalu pangkas dan ubah ukurannya ke dimensi yang benar. Anda juga dapat menggunakan pengaturan kualitas untuk mengontrol ukuran file seperti yang Anda lakukan dengan aplikasi desktop.

Satu hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah Instagram akan mengonversi gambar Anda menjadi JPEG — jika Anda mengunggah tangkapan layar, file logo, atau apa pun yang merupakan PNG, Anda mungkin melihat beberapa artefak. Itu masalah dengan JPEG secara umum.

Posting Foto Anda
Dengan gambar Anda diedit dan berukuran benar, lanjutkan dan posting di akun Instagram Anda. Jika Anda telah mengikuti pedoman di atas, algoritme Instagram tidak boleh terlalu banyak membantu mereka, jadi apa yang Anda unggah adalah apa yang akan dilihat orang lain.

Jika Anda menyerahkan sesuatu di tangan Instagram, foto Anda mungkin akan terlihat baik-baik saja, tetapi senang mengetahui bahwa Anda telah melakukan semua yang Anda bisa untuk memaksimalkan kualitas gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *