Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Jika Anda menjalankan Windows 10 dan tidak ingin memerlukan aplikasi lagi, Anda mungkin perlu melakukan uninstall aplikasi. Ada beberapa cara untuk melakukan uninstall aplikasi di windows 10, tergantung pada jenis aplikasinya.

Berikut cara melakukan uninstall program di Windows 10.

Cara Uninstall Aplikasi Menggunakan Menu Start
Jika aplikasi telah diinstal menggunakan Microsoft Store, Anda dapat menghapusnya dengan cepat melalui menu Start. Untuk melakukannya, buka menu “Start” dan cari ikon aplikasi, lalu klik kanan. Di menu yang muncul, pilih “Uninstall”.

Jika ini pertama kalinya Anda menghapus program dengan cara ini, program akan memperingatkan Anda dengan dialog pop-up kecil. Klik “Uninstall” lagi. Aplikasi akan dicopot secara diam-diam tanpa perlu tindakan lebih lanjut dari Anda. Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya lagi nanti melalui Microsoft Store .

Jika Anda mengklik kanan aplikasi yang tidak diinstal melalui Microsoft Store dan memilih “Uninstall”, jendela “Program dan Fitur” akan terbuka. Temukan program dalam daftar, pilih, lalu klik tombol “Uninstall”.

Jika jendela wizard uninstall muncul, ikuti langkah-langkah sampai program dihapus. Kemudian Anda bebas untuk menutup jendela “Program dan Fitur”.

Cara Uninstall Aplikasi Menggunakan Menu Pengaturan
Mungkin cara paling komprehensif untuk menghapus aplikasi di Windows 10 adalah dengan menggunakan Pengaturan. Itu karena Anda dapat melihat daftar setiap program yang diinstal pada sistem dan dengan mudah memilih program mana yang ingin Anda Hapus pemasangannya.

Untuk melakukannya, buka “Pengaturan” dengan mengklik menu “Start” dan memilih ikon roda gigi. (Atau Anda dapat menekan Windows + I di keyboard Anda.)

Di “Setelan”, klik “Aplikasi”.

Setelah itu, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal di sistem Anda. Ini termasuk aplikasi yang diinstal melalui Microsoft Store dan yang diinstal melalui metode lain.

Temukan entri untuk program yang ingin Anda copot pemasangannya dan pilih. Lalu klik “Uninstall”.

Jika aplikasi diinstal dari Microsoft Store, aplikasi akan langsung dihapus tanpa langkah tambahan apa pun.

Jika itu adalah aplikasi yang diinstal melalui cara lain, Anda mungkin melihat dialog pop-up tambahan. Jika demikian, klik “Uninstall” lagi. Setelah itu, jendela wizard uninstall program akan diluncurkan. Ikuti langkah-langkah wizard, dan aplikasi akan dihapus sepenuhnya.

Uninstall Aplikasi Menggunakan Control Panel
Anda juga dapat menghapus aplikasi non-Microsoft Store menggunakan Panel Kontrol Windows yang lama . Untuk melakukannya, buka menu “Start” dan ketik “control”, lalu klik ikon “Control Panel”.

Di bawah “Programs”, klik “Uninstall a program”.

Di jendela Program dan Fitur yang muncul, Anda akan melihat daftar panjang aplikasi terinstal yang dapat Anda urutkan berdasarkan nama, penerbit, tanggal penginstalan, ukuran, dan nomor versi dengan mengklik judul kolom.

Daftar ini tidak termasuk aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store. Untuk menghapusnya, gunakan jendela “Pengaturan” atau klik kanan dan pilih “Hapus” di menu “Start”.

Temukan program yang ingin Anda copot pemasangannya dan klik entri untuk memilihnya. Kemudian klik tombol “Uninstall”.

Wizard uninstall program akan diluncurkan. Klik melalui langkah-langkah tersebut sampai Anda menyelesaikan proses uninstall. Karena Microsoft menganggap Control Panel sebagai antarmuka lama , ada baiknya juga berlatih mencopot program menggunakan metode lain di atas. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *