Cara Menutup Aplikasi Menggunakan Task Manager Windows 10

Cara Menutup Aplikasi Menggunakan Taskmanager Windows 10

Jika Anda perlu untuk memaksa menutup aplikasi atau mengakhiri tugas di komputer / laptop, dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Windows’ built-in utilitas Task Manager . Begini cara melakukannya.

Pertama, buka Task Manager . Untuk melakukannya, klik kanan taskbar dan pilih “Task Manager” dari menu pop-up. Bergantian, Anda dapat menekan Ctrl + Shift + Escape untuk membukanya, atau tekan Ctrl + Alt + Delete dan pilih “Task Manager” dari layar yang muncul.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Jika Pengelola Tugas terbuka dalam mode sederhana dan Anda melihat nama tugas yang ingin Anda akhiri tercantum, cukup pilih nama aplikasi dari daftar dan klik tombol “Akhiri Tugas”.

Peringatan: Jika Anda mengakhiri tugas tanpa menyimpan pekerjaan Anda terlebih dahulu, Anda dapat kehilangan data. Sebaiknya tutup aplikasi secara normal, jika memungkinkan.

Tugas akan berakhir. Jika tugas tidak terdaftar dalam mode sederhana atau jika Anda ingin melihat lebih dalam apa yang terjadi terlebih dahulu, klik tombol “Detail selengkapnya”.

Setelah memperluas Task Manager untuk menampilkan lebih banyak detail, Anda akan melihat daftar proses (program yang berjalan di komputer Anda) dengan informasi tentang berapa banyak CPU , memori , aktivitas disk, dan bandwidth jaringan yang mereka gunakan.

Di daftar proses, pilih tugas yang ingin Anda paksa berhenti, lalu klik tombol “Akhiri Tugas” di sudut kanan bawah jendela.

Peringatan: Anda bisa kehilangan pekerjaan yang belum disimpan di aplikasi jika Anda mengakhiri tugas tanpa menyimpan pekerjaan Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan jendela ini untuk mengakhiri tugas penting sistem operasi. Jika Anda melakukannya, Windows mungkin berperilaku tidak biasa sampai Anda mem-boot ulang.

Setelah itu, program akan ditutup. Jika Anda mendapati diri Anda sering mengakhiri tugas aplikasi yang sangat merepotkan, pertimbangkan untuk memperbarui aplikasi atau Windows itu sendiri , yang keduanya mungkin menyelesaikan bug mendasar yang menyebabkan masalah. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *