Cara Menonaktifkan Notifikasi di HP Android

Notifikasi pada android memiliki peran yang sangat bagus serta mampu meningkatkan sistem keamanan HP android Anda. Tetapi ada saatnya Anda merasa terganggu dengan adanya notifikasi itu,

Jika belum mengetahui cara menonaktifkan notifikasi di Android, Anda tidak perlu khawatir. Techtimed.com akan membagikan cara menonaktifkan notifikasi di HP android dengan mudah.

Berikut cara menonaktifkannya.

Baca juga: Cara Melihat Aplikasi Yang Menguras Baterai di Android

Android tersedia secara gratis untuk diunduh dan disesuaikan oleh produsen, mengubah pengaturan notifikasi pada HP android mungkin sedikit berbeda di berbagai versi dan build pabrikan OS.

Oleh karena itu, techtimed.com akan membantu mengulas tentang menonaktifkan pemberitahuan menjadi beberapa kategori berdasarkan perangkat paling populer.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencoba mengheningkan sementara pemberitahuan dengan fitur Jangan Ganggu — yang cukup konsisten di seluruh build.

Cara Mengheningkan Notifikasi untuk Sementara
Ketika berbicara tentang Jangan Ganggu di Android, tidak selalu jelas apa yang dapat Anda harapkan dari pengaturan ini . Untungnya, pada versi OS terbaru, Google tampaknya telah menyelesaikan fungsinya.

Intinya pada dasarnya ini: ketika Anda mengaktifkan Jangan Ganggu (sering disingkat DND), notifikasi Anda muncul, tetapi tidak mengeluarkan suara. Pengecualian di sini adalah aplikasi apa pun yang Anda setel ke Mode Prioritas. Itu masih bisa mengeluarkan suara.

Baca juga: Emulator Android Paling Ringan dan Cepat

Demikian pula, Anda dapat mengatur kontak tertentu sebagai “Berbintang” dan kemudian mengizinkan pesan atau panggilan dari kontak tersebut melewati batasan Jangan Ganggu. Untuk melakukan ini, cukup ketuk bintang di sebelah nama kontak di aplikasi Kontak.

Kemudian, di menu Pengaturan> Suara> Jangan Ganggu> Hanya Prioritas (diberi label sebagai “Izinkan Pengecualian” pada perangkat Samsung), atur opsi Pesan dan Panggilan ke “Hanya dari kontak berbintang” (atau “” Hanya kontak favorit “di Samsung).

Anda juga dapat menyetel waktu Jangan Ganggu otomatis , yang cocok untuk malam hari.

Baca juga: Cara Menyimpan Situs Web ke Layar HP Android

Cara Menonaktifkan Notifikasi di Stock Android
Stok Android — seperti yang ditemukan di ponsel Nexus dan Pixel (antara lain) —adalah versi Android paling murni yang tersedia. Ini Android yang dimaksudkan oleh Google.

Meskipun demikian, perubahan notifikasi berbeda di berbagai versi, terutama jika menyangkut versi terbaru dari OS: Android 8.x (Oreo). Oreo menerima perombakan besar-besaran pada seluruh sistem manajemen notifikasi, jadi sangat berbeda dari pendahulunya. Meskipun posting ini berfokus secara eksklusif pada cara menonaktifkan notifikasi, kami juga memiliki pandangan yang lebih mendetail tentang cara menggunakan saluran notifikasi Oreo untuk kontrol yang lebih terperinci .

Baca juga: Cara Menemukan File Hasil Download di Android

Cara Menonaktifkan Notifikasi di Android 8.x (Oreo)
Untuk mematikan notifikasi aplikasi pada stok Android Oreo, tarik ke bawah bayangan notifikasi, lalu ketuk ikon roda gigi untuk mengakses menu Pengaturan. Dari sana, pilih pengaturan “Aplikasi & Pemberitahuan”.

Pilih opsi “Pemberitahuan”.

Entri teratas di sini kemungkinan besar menunjukkan bahwa notifikasi “Aktif untuk semua aplikasi” —itu defaultnya. Ketuk ini untuk mengakses daftar setiap aplikasi yang diinstal di ponsel Anda, bersama dengan pengaturan notifikasi setiap aplikasi.

Setiap aplikasi memiliki opsi pemberitahuannya sendiri-sendiri, jadi ketuk aplikasi yang ingin Anda kontrol, lalu alihkan penggeser “Aktif” ke posisi nonaktif. Itu sepenuhnya menonaktifkan semua pemberitahuan untuk aplikasi tertentu itu.

Ulangi ini di setiap aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya.

Baca juga:Cara Mengubah Nama Bluetooth di HP Android

Cara Menonaktifkan Notifikasi di Android 7.x (Nougat)
Tarik bayangan pemberitahuan ke bawah, lalu ketuk ikon roda gigi untuk mengakses menu Pengaturan. Dari sana, gulir ke bawah dan pilih pengaturan “Notifikasi”.

Dari titik ini, cukup ketuk setiap entri aplikasi untuk mengubah opsi pemberitahuannya. Untuk sepenuhnya menonaktifkan notifikasi aplikasi, alihkan opsi “Blokir semua” ke posisi aktif.

Ulangi itu di setiap aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan pemberitahuannya.

Cara Menonaktifkan Pemberitahuan di Android 6.x (Marshmallow)
Pada perangkat Marshmallow, Anda perlu menarik bayangan pemberitahuan ke bawah dua kali untuk mengekspos tombol roda gigi, yang dapat Anda ketuk untuk masuk ke menu Pengaturan.

Pada menu “Pengaturan”, ketuk opsi “Suara & Pemberitahuan”, lalu gulir ke bawah hingga Anda melihat entri “Pemberitahuan aplikasi”. Ketuk itu.

Ketuk setiap aplikasi untuk melihat opsi pemberitahuannya. Untuk menonaktifkan pemberitahuan untuk suatu aplikasi, alihkan “Blokir Semua” ke posisi aktif.

Selesai dan selesai — cukup lakukan ini di setiap aplikasi yang notifikasinya ingin Anda hentikan.

Cara Menonaktifkan Notifikasi pada Perangkat Samsung Galaxy
Samsung menangani pengaturan notifikasi sedikit berbeda dari stok perangkat Android, sebagian besar karena Samsung suka mengubah semua yang ada di OS agar sesuai dengan mereknya.

Untuk keperluan posting ini, kami hanya akan melihat Samsung Android 7.x build (Nougat), yang saat ini tersedia pada varian Galaxy S7 dan S8.

Tarik bayangan pemberitahuan ke bawah, lalu ketuk ikon roda gigi. Pada menu “Pengaturan”, tap entri “Notifikasi”.

Di sinilah Samsung melakukannya dengan benar: jika Anda tidak ingin ada pemberitahuan sama sekali di perangkat ini, cukup matikan sakelar “Semua Aplikasi”. Boom — semua notifikasi dinonaktifkan. Versi Android lainnya harus diperhatikan.

Setelah mematikan pemberitahuan untuk semua aplikasi, Anda kemudian dapat melalui dan hanya mengaktifkan aplikasi yang ingin Anda beri tahu. Cukup geser sakelar aplikasi ke posisi Aktif untuk mengaktifkan notifikasi.

Ini mungkin satu-satunya saat Anda mendengar saya mengatakan ini, tetapi saya pikir Samsung benar-benar mendapatkannya dari stok Android. Sejujurnya, mereka juga melakukannya dengan benar di setiap pengaturan notifikasi OS lainnya. Mematikan semua aplikasi sekaligus itu bagus, tetapi juga bisa mematikan semua aplikasi, dan kemudian mengaktifkan hanya yang Anda inginkan adalah penghemat waktu yang sangat besar.

Tips untuk Mengontrol Notifikasi yang Lebih Terperinci
Seperti yang disebutkan sebelumnya, stok Android Oreo memungkinkan kontrol notifikasi yang sangat terperinci untuk sebagian besar aplikasi dengan menggunakan fitur baru yang disebut Notification Channels , yang pada dasarnya memungkinkan pengembang mengelompokkan jenis notifikasi bersama di aplikasi mereka. Anda kemudian dapat mengatur tingkat kepentingan yang berbeda untuk grup pemberitahuan ini.

Namun jika Anda menggunakan build pra-Oreo seperti Marshmallow / Nougat — atau ponsel Samsung — masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik atas setelan notifikasi ponsel Anda.

Ketika mengakses halaman pemberitahuan setiap aplikasi, membayar perhatian khusus pada pilihan lain selain fitur Block. Ada beberapa aset berharga di sini yang memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal dengan notifikasi.
Dan kabar baiknya di sini adalah bahwa opsi ini sebagian besar sama di seluruh versi Android dan build pabrikan (sekali lagi, kecuali untuk Oreo), di mana Anda mendapatkan beberapa opsi keren:

Show Silently: Ini masih memungkinkan pemberitahuan masuk, tetapi tidak akan mengeluarkan nada yang dapat didengar.
On Lock Screen: Opsi untuk menampilkan semua, beberapa, atau tidak ada konten dari aplikasi tertentu di layar kunci .
Overwrite Do Not Disturb/Set as Priority: Ini mengabaikan semua pengaturan jangan ganggu dan “memaksa” aplikasi untuk bersuara dan menyalakan layar saat ada pemberitahuan masuk. Gunakan ini untuk aplikasi terpenting Anda.


Cara Menghentikan Pesan dan Panggilan Telepon yang Mengganggu
Jika Anda mengalami masalah dengan pesan spam atau panggilan telepon, Anda tidak perlu memblokir pemberitahuan untuk aplikasi tersebut. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Jika hanya teks atau panggilan telepon yang mengganggu yang ingin Anda hilangkan, Anda dapat memblokir nomor tersebut secara manual dengan cukup mudah . Di situlah saya akan mulai.

Namun, jika Anda mengalami masalah dengan spam, Anda memiliki beberapa opsi lain. Dialer dalam stok Android dapat secara otomatis mendeteksi dan memperingatkan Anda akan panggilan spam potensial . Anda dapat mengaktifkan opsi ini di Pengaturan> ID Penelepon & Spam; cukup aktifkan opsi itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *