Cara Mengosongkan Recycle Bin di Windows 10 Secara Otomatis

recycle bin

Cara menghapus file yang terdapat pada Recycle Bin dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan yang disebut Storage Sense, Anda dapat menghemat ruang disk dengan mengkonfigurasi Windows 10 untuk menghapus file secara otomatis setelah melewati usia tertentu yang terletak di Recycle Bin.

Baca juga: Cara Menutup Aplikasi Menggunakan Task Manager Windows 10

Begini cara mengaturnya agar file yang terdapat pada recycle bin terhapus secara otomatis.

Pertama, luncurkan “Pengaturan” dengan membuka “Menu Mulai” dan mengklik ikon “roda gigi” di sebelah kiri. Anda juga dapat menekan Windows + I untuk membuka Pengaturan dengan cepat. Di Setelan, klik ikon “Sistem”, lalu klik “Penyimpanan”.

Di bagian atas opsi Storage, Anda akan melihat paragraf kecil teks tentang Storage Sense. Klik tombol geser yang terletak tepat di bawah untuk menyetelnya ke posisi “On”. Kemudian di bawahnya, klik “Configure Storage Sense atau jalankan sekarang”.

Dalam opsi “Storage Sense”, Anda akan ingin mencatat beberapa pengaturan yang berbeda. Yang pertama adalah frekuensi saat Storage Sense berjalan, yang disetel dengan menu drop-down berlabel “Run Storage Sense”. Anda dapat mengaturnya untuk berjalan setiap hari, minggu, atau bulan — atau setiap kali ruang disk hampir habis. Klik menu, dan pilih opsi yang paling sesuai untuk Anda.

Karena kita hanya berbicara tentang menghapus file di Recycle Bin, hapus centang pada kotak di samping “Hapus file sementara yang tidak digunakan aplikasi saya” jika Anda tidak ingin Storage Sense menghapus file sementara yang lama. Selain itu, jika perlu, setel opsi “Hapus file di folder Unduhan saya” ke “Tidak pernah” menggunakan menu tarik-turun.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10

Di antara itu, Anda akan menemukan menu drop-down berlabel “Hapus file di Recycle Bin saya jika mereka sudah ada di sana selama lebih dari itu,” dan opsinya adalah “Tidak pernah”, “1 hari”, “14 hari,” 30 hari, “atau” 60 hari “.

Begini cara kerjanya: setiap kali Storage Sense dijalankan (sesuai pengaturan sebelumnya), secara otomatis akan menghapus file yang telah duduk di Recycle Bin yang telah diatur pada periode waktu tertentu. Dengan menggunakan menu, setel ke opsi mana saja yang Anda inginkan.

Setelah itu, Anda bebas menutup Pengaturan.

Jika Anda pernah berubah pikiran tentang frekuensi pengosongan Recycle Bin (atau ingin menonaktifkannya), cukup kunjungi kembali Pengaturan> Penyimpanan lagi dan setel Sensor Penyimpanan ke “Tidak Aktif”. Atau, Anda dapat mengubah opsi interval lagi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *