Cara Menggunakan Instagram TV

Apa Itu Instagram TV?
Instagram TV (IGTV) adalah layanan streaming video yang dirilis Instagram pada tahun 2018 yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi panjang selama 60 detik.

Seiring dengan tersedia sebagai aplikasi terpisah, layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Instagram utama.

Instagram TV (IGTV) diperkenalkan sebagai pesaing langsung layanan berbagi video khusus seperti YouTube dan Vimeo platform lainnya.

Cara Mengakses IGTV?
Cara mengakses IGTV dapta dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara paling mudah adalah mengunduh aplikasi IGTV di Apple App Store atau Google Play Store . IGTV hanya menampilkan pengguna dan konten Instagram secara khusus di platform video.

Atau, Anda dapat menelusuri pembuat IGTV dengan membuka halaman temukan Instagram dan kemudian memilih “IGTV” di kiri atas di bawah bilah pencarian. Di situ, Anda dapat melihat video IGTV yang sedang tren serta pembuat pencarian khusus di platform.

Anda juga dapat mengakses konten IGTV di halaman profil akun Instagram. Anda akan menemukan beberapa tab di bawah deskripsinya. IGTV biasanya menjadi tab kedua, yang terlihat seperti ikon televisi kecil.
Di bawah tab ini, Anda akan menemukan video akun dengan judul dan jumlah penayangan yang sesuai diurutkan berdasarkan yang terbaru. Ketuk salah satu untuk melihatnya.

Atau, jika Anda melihat klip di umpan Anda yang berdurasi lebih dari 60 detik, aplikasi akan memiliki munculan yang bertuliskan “Terus Menonton.” Jika Anda mengetuk ini, Anda akan dialihkan ke IGTV untuk menyelesaikan sisa video. Klip ini memiliki logo IGTV di pojok kiri bawah.

Perbedaan IGTV, Postingan dan Story

Perbedaan yang paling signifikan antara posting atau cerita dan video IGTV adalah panjang potensialnya. Sedangkan posting video bisa berdurasi hingga 60 detik, dan cerita Instagram individu atau reel Instagram bisa hingga 15 detik, video IGTV dapat diperpanjang hingga satu jam.
Video apa pun yang Anda coba unggah ke umpan Anda yang berdurasi lebih dari 60 detik akan diubah menjadi video IGTV.

Lainnya adalah konten IGTV dapat diatur dan ditandai ke dalam grup yang disebut “Serial”. Setiap serial dapat memiliki beberapa episode di bawahnya. Ini sangat berguna bagi pembuat konten dan pembuat film profesional yang dapat menyortir karya mereka. Pengguna dapat memfilter berdasarkan serial dengan mengklik menu drop-down di kiri atas halaman IGTV akun.

Terakhir, ada resolusi video. Tidak seperti postingan, yang biasanya berbentuk persegi, sebagian besar video IGTV berorientasi pada layar penuh dan potret. Karenanya, klip ini dimaksudkan untuk dilihat dengan telepon Anda berdiri tegak.

Cara Membuat Video IGTV?
Tidak seperti cara membuat video youtube, Ada beberapa cara untuk membuat video IGTV. Misalkan Anda memiliki aplikasi Instagram, buka menu “Creation” di bagian tengah bawah layar. Dari sini, ketuk file dari galeri Anda dan pilih “Long fullscreenideo” saat Anda akan menguploadnya.

Anda kemudian dapat mengatur sampul di antara tangkapan layar di dalam klip, atau mengunggah gambar JPG atau PNG sebagai sampul khusus.

Anda juga dapat menyesuaikan deskripsi, judul, dan pengelompokan serial video. Fitur penting IGTV adalah kemampuannya untuk “memposting pratinjau”. Karena ada jauh lebih sedikit orang yang secara aktif mencari video IGTV daripada posting standar, pratinjau akan memposting klip pendek video ke umpan Instagram utama Anda, bersama dengan deskripsi yang sesuai.

Pengguna kemudian akan dipindahkan ke IGTV untuk menyelesaikannya. Jika akun Facebook Anda ditautkan ke Instagram Anda, Anda juga dapat langsung mengunggah video Anda dari sini ke Facebook Watch.

Anda juga dapat melakukan proses yang sama dari versi web Instagram dengan menuju ke profil Anda dan memilih tab IGTV. Dari sini, klik “Unggah Video”, lalu ikuti proses yang sama seperti di atas. Durasi maksimal video yang diupload dari ponsel adalah 15 menit, sedangkan durasi maksimal video yang diupload dari versi web adalah 60 menit.

Untuk mendapatkan unggahan yang optimal, Instagram merekomendasikan agar video yang diunggah ke IGTV memenuhi spesifikasi sebagai berikut:

Format MP4
Rasio aspek 9:16 untuk video vertikal, 16: 9 untuk video horizontal
Resolusi minimal 720p
Bingkai per detik minimum 30fps
Ukuran file maksimum 3,6GB untuk klip berdurasi 60 menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *