Cara Mengatur Wallpaper HP Android Berubah Secara Otomatis

Mengganti wallpaper adalah salah satu cara termudah agar HP Android terlihat segar dan menarik. Jika Anda ingin meningkatkan level, Anda dapat mengatur wallpaper untuk berubah secara otomatis sepanjang hari .

Baca juga: Cara Scan QR Code di HP Android

Kami akan menunjukkan cara menyiapkannya, cara mengatur wallpaper hp android terlihat bagus sangat mudah, begini caranya.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Pertama, Anda dapat menggunakan aplikasi wallpaper hidup yang secara otomatis berubah untuk menyesuaikan dengan waktu. Metode lain melibatkan sedikit lebih banyak pengaturan, tetapi juga memungkinkan Anda menggunakan gambar tertentu. Kami akan membahas keduanya di bawah.

Baca juga: Cara Membuat URL QR Code di Google Chrome Android

Cara Menggunakan Wallpaper Animasi
Aplikasi yang kami gunakan dalam panduan ini adalah wallpaper hidup, artinya mereka berubah secara dinamis, bukan hanya menampilkan gambar statis. Sebelum kita melihat aplikasinya, mari pelajari cara mengatur wallpaper hidup.

Proses ini akan sama di sebagian besar ponsel dan tablet Android. Namun, ini akan terlihat sedikit berbeda tergantung pada peluncur layar beranda yang Anda gunakan dan pabrikan perangkat Anda.

Baca juga: Cara Melihat Versi Android dengan Mudah

Untuk memulai, ketuk dan tahan ruang kosong di layar beranda perangkat Android Anda.

Di menu konteks, ketuk “Gaya & Wallpaper”.

Layar pemilihan wallpaper akan terlihat berbeda tergantung pada peluncur dan produsen perangkat, tetapi harus ada bagian “Wallpaper Animasi”.

Pilih aplikasi wallpaper hidup yang ingin Anda gunakan.

Pratinjau wallpaper hidup akan terbuka. Jika ada opsi konfigurasi, ketuk ikon roda gigi untuk membuka “Pengaturan”, lalu ketuk “Terapkan” atau “Setel Wallpaper”.

Biasanya Anda akan melihat opsi untuk menyetel wallpaper di layar beranda saja, atau di layar beranda dan layar kunci.

Wallpaper Live untuk Mencocokkan Hari
Ada sejumlah aplikasi wallpaper hidup di Google Play Store yang dapat berubah sesuai waktu, atau bahkan kondisi cuaca. Di bawah ini beberapa yang bisa Anda coba:

Baca juga: Cara Menghemat Baterai di HP Android

YoWindow : Aplikasi cuaca ini juga memiliki fitur wallpaper hidup. Anda dapat memilih dari berbagai lanskap, beberapa di antaranya termasuk gerakan. Cuaca akan berubah untuk mencerminkan lokasi Anda saat ini.

Forest Live Wallpaper: Aplikasi ini menampilkan hutan minimalis dengan pegunungan di latar belakang dan cuaca real-time. Anda juga dapat memilih dari sejumlah tema berbeda untuk disesuaikan dengan musim. Jika Anda ingin benar-benar menyesuaikan diri, Anda bahkan dapat memilih warna untuk pepohonan, tanah, dan gunung.

Mangatur Wallpaper Berubah Otomatis pada Waktu Tertentu
Aplikasi wallpaper hidup yang tercantum di atas berubah secara otomatis sepanjang hari. Namun jika Anda ingin lebih banyak kontrol, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama “Wallpaper Changer”.

Baca juga: Cara Melihat Aplikasi Yang Menguras Baterai di Android

Ini memungkinkan Anda memilih wallpaper tertentu untuk digunakan pada waktu tertentu dalam sehari. Anda dapat menggunakan ini untuk mengganti wallpaper setiap hari, setiap pagi dan malam, atau setiap beberapa jam. Dalam contoh kami, kami akan mengubah wallpaper empat kali agar sesuai dengan waktu hari.

Pertama, unduh Wallpaper Changer dari Google Play Store di perangkat Android Anda.

Sebelum kami menetapkan Pengubah Wallpaper sebagai wallpaper hidup, kami akan mengkonfigurasinya untuk berubah sepanjang hari.

Untuk melakukannya, buka aplikasi di ponsel atau tablet Anda, lalu pilih kotak centang di samping opsi “Ubah Wallpaper Setiap”. Ketuk panah drop-down dan pilih interval waktu jika Anda tidak ingin terlalu spesifik. Jika Anda lebih suka mengatur waktu tertentu, ketuk tanda tambah (+) di kanan bawah pada tab “Ubah”.

Pada kartu “Acara”, pastikan tombol radio di samping opsi “Waktu” dipilih, serta tujuh hari dalam seminggu. Ubah waktu menjadi 6 pagi

Baca juga: Emulator Android Paling Ringan dan Cepat

Di bawah kartu “Acara”, pilih tombol radio “Wallpaper Berikutnya” di bawah “Tindakan”.

Kembali ke tab “Ubah”, lalu ketuk lagi tanda tambah (+). Kali ini, setel waktu menjadi 11 pagi, lalu pilih “Wallpaper Berikutnya”.

Silakan pilih waktu yang Anda sukai. Kami mengulangi proses ini hingga kami membuat acara untuk jam 6 pagi, 11 pagi, 5 sore, dan 9 malam. Keempatnya harus memiliki “Wallpaper Berikutnya” sebagai Tindakan.

Selanjutnya, kami akan memilih gambar yang akan digunakan untuk wallpaper. Beralih ke tab “Album”, lalu pilih kotak centang “Album Default”.

Ketuk tanda plus (+) di kanan bawah untuk menambahkan gambar ke album.

Tap “Tambahkan Gambar”.

Anda akan diminta untuk memberikan akses aplikasi ke foto, media, dan file Anda; tap “Izinkan” untuk melanjutkan.

Pilih semua gambar yang ingin Anda tambahkan ke album. Perhatikan bahwa urutan kemunculan gambar di folder ini adalah bagaimana gambar akan berputar.

Ketuk tanda panah kembali di kiri atas setelah Anda menambahkan semua gambar Anda.

Sekarang, kami siap untuk mengatur aplikasi sebagai wallpaper hidup kami. Ketuk pesan oranye di bagian atas.

Ini membuka layar pratinjau wallpaper hidup. Ketuk “Terapkan” atau “Setel Wallpaper”.

Secara default, aplikasi akan menggunakan gambar pertama di folder tersebut. Jika ini bukan yang Anda inginkan untuk waktu saat ini, buka “Album Default” sekali lagi dan pilih gambar yang sesuai.

Ketuk “Set as Wallpaper” dan urutan gambar akan diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *