Cara Mengatur Chromecast di Google TV

Google mengubah platform streaming-nya dengan merilis Chromecast dengan Google TV. Alih-alih menjadi perangkat khusus Cast seperti Chromecast sebelumnya, dongle terbaru Google menjalankan penerus Android TV . Jika Anda membelinya, berikut cara menyiapkan Chromecast dengan Google TV.

Setelah membuka kotak perangkat Anda dan semua aksesorinya, saatnya menyiapkan Chromecast dengan Google TV. Pertama, colokkan adaptor daya yang disertakan ke stopkontak. Selanjutnya, sambungkan kabel USB-A ke C ke power brick dan Chromecast Anda. Lampu status akan muncul di bagian belakang dongle.

Temukan port HDMI gratis di bagian belakang televisi Anda dan colokkan Chromecast Anda dengan Google TV.
Jika TV Anda tidak menyala secara otomatis, ambil remote perangkat Anda, hidupkan layar, dan ubah sumber ke port HDMI mana pun yang Anda sambungkan ke Chromecast.

Ambil Chromecast dengan remote Google TV dan geser penutup belakang. Masukkan baterai AAA yang disertakan dan pasang kembali penutupnya. Remote secara otomatis mulai memasangkan dengan perangkat streaming Anda.
Jika proses pemasangan tidak dimulai secara otomatis, tekan dan tahan tombol Kembali dan Rumah pada remote Anda sampai lampu statusnya mulai berkedip. Remote Anda kemudian akan terhubung ke Chromecast.
Sekarang mulailah proses penyiapan. Menggunakan remote Anda, pilih bahasa Anda dari daftar.

Televisi Anda sekarang akan meminta Anda untuk mendownload aplikasi Google Home ke perangkat Android , iPhone , atau iPad Anda .

Dengan aplikasi terpasang, buka aplikasi “Rumah” di ponsel atau tablet Anda.

Perangkat Anda akan secara otomatis mendeteksi Chromecast (1). Ketuk tombol “Siapkan Chromecast”. Jika tidak, ketuk ikon “+” di pojok kiri atas.

Dari bagian “Tambahkan ke Rumah”, pilih tombol “Siapkan Perangkat”.

Ketuk opsi “Siapkan Perangkat Baru Di Rumah Anda”.

Pilih rumah tempat Anda ingin menambahkan Chromecast. Jika Anda belum mengonfigurasi rumah pintar di aplikasi, ketuk tombol “Tambahkan Rumah Lain”. Jika tidak, pilih rumah Anda lalu ketuk tombol “Berikutnya”.

Berikan izin aplikasi Home untuk menggunakan kamera Anda dan kemudian pindai kode QR di televisi Anda. Cara lainnya, pilih tautan “Lanjutkan Tanpa Pemindaian” dan ketik kode di layar.

Setelah beberapa detik, Anda akan diminta untuk menyetujui Persyaratan Layanan Google. Ketuk tombol “Terima” untuk melanjutkan.

Pilih ruangan tempat Chromecast Anda dengan Google TV akan disimpan dan pilih tombol “Berikutnya”.

Beri nama Chromecast Anda dan ketuk “Berikutnya” lagi.

Anda sekarang perlu menghubungkan Chromecast dengan Google TV ke Wi-Fi Anda. Pilih jaringan Anda dari daftar dan ketuk “Berikutnya”.

Masukkan kata sandi Wi-Fi Anda di layar berikutnya.

Dengan koneksi internet yang diatur, saatnya untuk masuk dengan akun Google Anda. Aplikasi Home akan menawarkan akun Google apa pun yang saat ini masuk ke ponsel atau tablet Anda, tetapi Anda mungkin harus mengautentikasi ulang diri Anda sendiri untuk melanjutkan.

Ikuti petunjuk di layar untuk melanjutkan.

Pilih izin mana yang akan diberikan ke dongle streaming lalu pilih tombol “Terima”.

Kami berada di jalur terakhir sekarang. Saatnya mengonfigurasi Asisten Google dan menyetel preferensi media. Ketuk tombol “Lanjutkan” untuk maju.

Izinkan Google untuk membagikan permintaan pencarian Anda dengan aplikasi pihak ketiga. Jika pengaturan dinonaktifkan, Anda mungkin tidak dapat menemukan dan menonton film dan acara TV tertentu menggunakan asisten suara. Pilih tombol “Izinkan”.

Selanjutnya, aktifkan Voice Match. Saat diaktifkan, Asisten akan bisa memberikan hasil yang dipersonalisasi saat suara Anda dikenali. Tap “Berikutnya”.

Setuju untuk mengizinkan Asisten Google memberi Anda hasil penelusuran personal saat menggunakan Voice Match. Pilih tombol “Saya Setuju”.

Salah satu kekuatan Google TV adalah mesin rekomendasinya. Namun sebelum Google dapat menyarankan film dan acara TV yang mungkin Anda sukai, Anda perlu membagikan layanan langganan Anda. Ketuk setiap item (seperti YouTube, Netflix, Disney +, Hulu, dan HBO Max) lalu ketuk “Berikutnya”.

Mode standby di Chromecast Anda dengan Google TV berfungsi sebagai screensaver saat Anda tidak menonton apa pun. Untuk Smart Display , Anda dapat memilih slideshow foto atau karya seni yang dikurasi dari Google. Tentukan pilihan Anda, lalu pilih “Berikutnya”.

Proses penyiapan di aplikasi Google Home selesai. Ketuk tombol “Selesai” dan selesaikan penyiapan Chromecast di TV Anda menggunakan remote-nya.

Sehingga Anda tidak perlu menyulap beberapa pengontrol, Anda dapat menggunakan Chromecast dengan remote Google TV untuk menyalakan televisi Anda, menaikkan dan menurunkan volumenya, dan mengganti sumber.

Gunakan remote untuk mengklik “Set Up Remote” dan ikuti panduan di layar. Anda akan dipandu untuk memprogram pengontrol Anda dan memverifikasi bahwa pengontrol dapat mengontrol TV Anda.

Chromecast Anda dengan Google TV siap digunakan. Pilih “Mulai Menjelajah” untuk mulai menggunakan perangkat streaming Anda.

Antarmuka Google TV sedikit berbeda jika Anda berasal dari dekoder TV Android atau televisi. Setiap layanan yang Anda tunjukkan memiliki akses selama proses penyiapan akan menginstal aplikasinya di Chromecast. Pastikan Anda masuk ke setiap layanan streaming sehingga Anda dapat mulai menonton film dan acara TV yang direkomendasikan setiap kali muncul sesuatu yang baru.

Sesuatu yang perlu diingat saat membiasakan diri dengan Chromecast baru Anda adalah bahwa perangkat lunak yang berjalan pada perangkat streaming disebut Google TV, yang juga merupakan nama baru dari Play Film & TV . Jangan bingung antara keduanya saat mencari sesuatu untuk ditonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *