Cara Mengaktifkan Mode HTTPS di Mozilla Firefox

Cara Mengaktifkan Mode HTTPS di Mozilla Firefox

Mode Hanya HTTPS Mozilla Firefox memberikan privasi dan keamanan tambahan saat online. Dengan mengaktifkan mode hanya HTTPS, Firefox akan berusaha keras hanya untuk memuat situs web HTTPS terenkripsi. Jika hanya HTTP yang tersedia, Firefox tidak akan memuat situs web yang tidak dienkripsi tanpa meminta Anda.

Baca juga: Cara Instal Microsoft Edge di Chromebook

Mengapa HTTPS Penting?
The HTTPS protokol aman adalah metode landasan menjaga privasi dan keamanan di web. Ini mengatur koneksi terenkripsi antara browser Anda dan server web yang mencegah pihak ketiga menguping atau merusak data yang dikirim antara Anda dan situs yang Anda jelajahi.

Sayangnya, tidak semua situs mendukung HTTPS, dan beberapa yang mendukung mungkin akan kembali ke versi HTTP yang tidak dienkripsi dari sebuah situs jika Anda mengunjunginya melalui tautan HTTP (seperti http://www.example.com bukannya — https://www.example.com perhatikan “s” yang hilang di alamat).

Mulai Mozilla Firefox versi 83 yang dirilis pada 16 November 2020, Anda dapat mengaktifkan Mode Hanya HTTPS. Firefox secara otomatis akan mencoba memuat versi HTTPS dari sebuah situs web meskipun Anda mengunjungi situs tersebut melalui tautan ke alamat HTTP yang tidak terenkripsi. Jika tidak tersedia, Anda harus memberikan izin eksplisit sebelum Firefox memuat halaman HTTP. Berikut cara mengaktifkan opsi ini.

Cara Mengaktifkan Mode Hanya HTTPS di Firefox
Pertama, buka Firefox dan klik tombol hamburger (garis horizontal tiga) di jendela Firefox mana pun. Di menu yang muncul, pilih “Opsi” di Windows dan Linux atau “Preferensi” di Mac.

Tips: Jika Anda tidak menjalankan Firefox versi 83 atau lebih tinggi, Anda perlu memperbarui Firefox untuk menggunakan fitur Mode Hanya HTTPS. Untuk memeriksa pembaruan secara manual, klik menu Firefox, lalu pilih Bantuan> Tentang Firefox. Kemudian klik tombol “Perbarui Firefox“.

Pada bagian tab “Opsi” atau “Preferensi”, klik “Privasi & Keamanan” di menu bilah sisi.

Di halaman preferensi “Privasi Browser”, gulir ke bawah ke bawah dan temukan bagian “Mode Hanya HTTPS”. Klik tombol radio di samping “Aktifkan Mode Hanya HTTPS di semua jendela” untuk memilihnya. (Anda juga memiliki pilihan untuk mengaktifkan Mode Hanya HTTPS di jendela pribadi saja, jadi pilih itu jika Anda mau.)

Setelah itu, tutup tab Opsi, dan perubahan akan segera berlaku. Jika Anda mengunjungi situs web melalui tautan HTTP tidak terenkripsi yang mendukung HTTPS, Anda akan dialihkan ke versi HTTPS terenkripsi situs tersebut secara otomatis.

Apa Yang Terjadi Jika Situs Tidak Mendukung HTTPS?
Jika Anda mengunjungi situs dengan Mode Hanya HTTPS yang diaktifkan dan situs tersebut tidak mendukung HTTPS, Anda akan melihat halaman kesalahan yang mirip dengan yang ini.

Selain itu, jika Anda mengunjungi situs yang hanya sebagian HTTPS-aman, itu menarik elemen yang tidak dienkripsi ke halaman aman itu mungkin tidak ditampilkan dengan baik dengan HTTPS-Mode Saja diaktifkan.

Dalam kedua kasus tersebut, Mozilla telah menyediakan cara cepat untuk menonaktifkan sementara Mode Hanya HTTPS. Untuk melakukannya, klik ikon gembok di samping alamat situs web di bilah URL.

Pada menu yang telah muncul, klik menu drop-down di bawah “Mode Hanya HTTPS” dan pilih “Nonaktif sementara” untuk menonaktifkan sementara Mode Hanya HTTPS.

Bergantian, jika Anda ingin menonaktifkan Mode HTTPS-Only secara permanen hanya untuk situs tertentu ini, pilih “Off” dari daftar. Firefox akan mengingat pengaturan ini satu per satu untuk setiap situs web.

Setelah itu, Anda akan dapat melihat situs tersebut seperti biasa. Jika situs tersebut pernah meningkatkan versi untuk mendukung HTTPS sepenuhnya, Anda dapat mengaktifkan Mode Hanya HTTPS untuk situs tersebut lagi menggunakan opsi menu yang sama yang tersembunyi di bawah ikon kunci alamat web. Selamat menjelajah!

Browser web seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome mendorong situs web untuk beralih dari HTTP ke koneksi HTTPS yang lebih aman . Sepertinya Mode Hanya HTTPS Firefox suatu hari akan menjadi opsi default, meningkatkan privasi dan keamanan online — dan selanjutnya mendorong pemilik situs web untuk meningkatkan ke HTTPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *