Cara Memilih VPN Terbaik Untuk Browsing Aman

Cara Memilih VPN Terbaik Untuk Browsing Aman

Jika Anda mencari VPN terbaik untuk torrent, privasi, menerobos sensor, tetap anonim saat online, menghindari batasan geografis, atau hanya perpindahan lokasi, Anda punya banyak pilihan yang membingungkan. Teruskan saja dengan tenang browsing menggunakan browser pilihan Anda yang kompatibel dengan VPN misalnya menggunakan mozilla firefox yang telah di update.

Baca juga: Cara Update Mozilla Firefox dengan Mudah dan Praktis

VPN, atau Virtual Private Networks, adalah solusi cepat dan mudah untuk membuat komputer Anda tampak berasal dari lokasi berbeda. Mereka mencapai ini dengan membuat jaringan virtual yang merutekan semua lalu lintas jaringan PC atau ponsel cerdas Anda melalui terowongan terenkripsi dan keluar dari sisi lain, membuatnya tampak bagi dunia bahwa Anda sebenarnya berada di lokasi mana pun server VPN berada. VPN dapat membantu Anda melewati batasan geografis, menghindari sensor, atau membuat Anda (relatif) anonim saat online.

Masalahnya adalah ada banyak penyedia VPN yang berbeda di luar sana, dan banyak alasan berbeda untuk menggunakannya – jadi mana yang Anda pilih?

Tidak Merasa Ingin Membaca Segalanya? Berikut Versi TL; DR
Artikel ini berisi banyak informasi, dan Anda mungkin hanya ingin memasang VPN sehingga Anda dapat mencoba menonton acara TV atau film favorit Anda pada layanan streaming di sisi lain dunia yang secara tidak adil dibatasi secara geografis, atau Anda mencari sesuatu yang dapat melindungi Anda saat Anda melakukan torrent.

Jadi, inilah pilihan utama kami dan alasan kami memilihnya:

ExpressVPN adalah pilihan utama kami jika Anda mencari klien yang sederhana dan mudah digunakan untuk setiap Windows, Mac, Android, iPhone, atau Linux, kecepatan sangat tinggi yang dapat menangani torrent atau menerobos batasan geografis, dan hanya pengalaman yang umumnya menyenangkan . Mereka juga memiliki jaminan uang kembali 30 hari.

StrongVPN adalah pilihan tepat jika Anda mencari kecepatan yang sangat tinggi, dan VPN yang dapat menangani torrent dan menerobos batasan geografis. Kliennya agak ketinggalan jaman, tetapi karena ini adalah layanan yang kurang dikenal, terkadang cenderung tidak diblokir. Mereka memiliki jaminan uang kembali 30 hari.

TunnelBear adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari koneksi VPN cepat untuk digunakan di kedai kopi – mereka memiliki tingkat percobaan gratis terbatas dan harga murah, dan meskipun mereka tidak sekuat atau secepat itu, mereka memiliki yang sangat bagus layanan.

Sekali lagi, jika Anda mencari VPN untuk menerobos batasan, cobalah salah satu layanan di atas. Mereka semua mendapat harga murah dan jaminan uang kembali 30 hari, jadi Anda tidak akan rugi. ( Pembaruan : TunnelBear tidak lagi menawarkan jaminan uang kembali 30 hari, tetapi Anda masih dapat mencobanya secara gratis sebelum membayar.)

Apa Itu VPN, dan Mengapa Perlu Menggunakannya?
Melalui penggunaan perangkat lunak (dan terkadang, di tingkat perusahaan dan pemerintah, perangkat keras), VPN membuat jaringan virtual antara dua jaringan yang terpisah secara fisik.

Penggunaan VPN, misalnya, memungkinkan karyawan IBM untuk bekerja dari rumah di pinggiran kota Chicago sambil mengakses intranet perusahaan yang terletak di sebuah gedung di New York City, seolah-olah dia berada di sana di jaringan kantor New York. Teknologi yang sama dapat digunakan oleh konsumen untuk menjembatani ponsel dan laptop mereka ke jaringan rumah sehingga, saat dalam perjalanan, mereka dapat mengakses file dengan aman dari komputer rumah mereka.

VPN memiliki kasus penggunaan lain. Karena mereka mengenkripsi koneksi Anda, VPN memungkinkan pengguna untuk mencegah orang lain melihat data yang mereka transfer.

VPN dapat menjaga keamanan data, terutama pada jaringan Wi-Fi publik di tempat-tempat seperti kedai kopi dan bandara, memastikan tidak ada yang bisa mengintip lalu lintas Anda dan mencuri kata sandi atau nomor kartu kredit Anda.

Karena VPN merutekan lalu lintas Anda melalui jaringan lain, Anda juga dapat membuatnya tampak seolah-olah berasal dari lokasi lain. Artinya, jika Anda berada di Jakarta, Indonesia, Anda dapat membuat lalu lintas Anda tampak berasal dari Kota New York Amerika Serikat.

VPN berguna untuk situs tertentu yang memblokir konten berdasarkan lokasi Anda (seperti Netflix). VPN juga memungkinkan beberapa orang (kami melihat Anda, orang Australia) harus berurusan dengan pajak impor yang sangat tinggi pada perangkat lunak yang membuat mereka membayar dua kali (atau lebih) dari apa yang dibayar konsumen AS untuk produk yang sama.

Pada catatan yang lebih serius, sayangnya sejumlah besar orang tinggal di negara-negara dengan tingkat sensor dan pemantauan terbuka yang tinggi (seperti China) dan negara-negara dengan pemantauan yang lebih terselubung (seperti AS); salah satu cara terbaik untuk menghindari penyensoran dan pemantauan adalah dengan menggunakan terowongan aman agar terlihat seolah-olah Anda berasal dari tempat lain sama sekali.

Selain menyembunyikan aktivitas online Anda dari pemerintah yang mengintip, ini juga berguna untuk menyembunyikan aktivitas Anda dari Penyedia Layanan Internet (ISP) yang mengintip.

Jika ISP Anda suka membatasi koneksi Anda berdasarkan konten (mengisi unduhan file Anda dan / atau kecepatan streaming video dalam prosesnya), VPN sepenuhnya menghilangkan masalah itu karena semua lalu lintas Anda berjalan ke satu titik melalui terowongan terenkripsi dan ISP Anda tetap ada tidak tahu lalu lintas jenis apa itu.

Singkatnya, VPN berguna kapan pun Anda ingin menyembunyikan lalu lintas dari orang-orang di jaringan lokal Anda (seperti Wi-Fi kedai kopi gratis), ISP Anda, atau pemerintah Anda, dan juga sangat berguna untuk mengelabui layanan agar berpikir tentang Anda. berada tepat di sebelah saat Anda berada di lautan jauh.

Menilai Kebutuhan VPN
Setiap pengguna akan memiliki kebutuhan VPN yang sedikit berbeda, dan cara terbaik untuk memilih layanan VPN yang ideal adalah dengan memperhatikan apa yang Anda butuhkan sebelum berbelanja.

Anda bahkan mungkin merasa tidak perlu pergi berbelanja karena solusi yang dikembangkan di rumah atau berbasis router yang sudah Anda miliki sangat cocok.

Mari kita bahas serangkaian pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri dan soroti bagaimana berbagai fitur VPN memenuhi kebutuhan yang disorot oleh pertanyaan-pertanyaan itu.

Untuk lebih jelasnya, banyak dari pertanyaan berikut dapat dipenuhi pada berbagai tingkatan oleh satu penyedia, tetapi pertanyaan-pertanyaan tersebut disusun untuk membuat Anda berpikir tentang apa yang paling penting untuk penggunaan pribadi Anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan VPN

Cek VPN, Apakah Memiliki Akses Aman ke Jaringan Rumah Anda?
Jika satu-satunya kasus penggunaan yang Anda pedulikan adalah mengakses jaringan rumah Anda dengan aman, maka Anda sama sekali tidak perlu berinvestasi dalam penyedia layanan VPN.

Ini bahkan bukan kasus alat yang berlebihan untuk pekerjaan itu; ini kasus alat yang salah untuk pekerjaan itu. Penyedia layanan VPN jarak jauh memberi Anda akses aman ke jaringan jarak jauh (seperti node keluar di Amsterdam), bukan akses ke jaringan Anda sendiri.

Untuk mengakses jaringan rumah Anda sendiri, Anda ingin server VPN berjalan di router rumah Anda atau perangkat yang terpasang (seperti Raspberry Pi atau bahkan komputer desktop yang selalu aktif).

Idealnya, Anda akan menjalankan server VPN di tingkat router untuk keamanan terbaik dan konsumsi daya minimal.

Untuk itu, kami merekomendasikan untuk mem-flash router Anda ke DD-WRT (yang mendukung mode server VPN dan klien) atau membeli router yang memiliki server VPN bawaan (seperti router Netgear Nighthawk dan Nighthawk X6 yang telah ditinjau sebelumnya ).

Jika ini adalah solusi yang Anda butuhkan (atau bahkan jika Anda hanya ingin menjalankannya secara paralel dengan solusi jarak jauh untuk tugas lain), lihat artikel kami Cara Mengatur Server VPN Rumah Anda Sendiri untuk informasi tambahan.

Apakah Anda Membutuhkan Penjelajahan Santai yang Aman?
Bahkan jika Anda tidak terlalu sadar akan keamanan atau privasi, setiap orang harus memiliki VPN jika mereka secara teratur menggunakan jaringan Wi-Fi publik.

Saat Anda menggunakan Wi-Fi di kedai kopi, bandara, atau hotel tempat Anda menginap saat bepergian lintas negara, Anda sama sekali tidak tahu apakah koneksi yang Anda gunakan aman atau tidak.

Router mungkin menjalankan firmware yang kedaluwarsa dan dikompromikan. Router sebenarnya bisa berbahaya dan secara aktif mengendus paket dan mencatat data Anda.

Router mungkin tidak dikonfigurasi dengan benar dan pengguna lain di jaringan dapat mengendus data Anda atau memeriksa laptop atau perangkat seluler Anda.

Anda tidak pernah memiliki jaminan apa pun bahwa hotspot Wi-Fi yang tidak dikenal tidak, baik melalui konfigurasi yang jahat atau buruk, mengekspos data Anda. (Kata sandi juga tidak menunjukkan bahwa jaringan aman – bahkan jika Anda harus memasukkan kata sandi, Anda mungkin mengalami masalah ini.)

Dalam skenario seperti itu, Anda tidak memerlukan penyedia VPN yang mengerikan dengan bandwidth besar untuk mengamankan aktivitas email, Facebook, dan penjelajahan web Anda.

Faktanya, model server VPN rumahan yang sama yang kami soroti di bagian sebelumnya akan melayani Anda sebaik solusi berbayar.

Satu-satunya saat Anda dapat mempertimbangkan solusi berbayar adalah jika Anda memiliki kebutuhan bandwidth tinggi yang tidak dapat dipenuhi oleh koneksi rumah Anda (seperti menonton video streaming dalam volume besar melalui koneksi VPN Anda).

Apakah Anda Perlu Geo-Shift Lokasi Anda?
Jika tujuan Anda adalah untuk terlihat seolah-olah Anda berada di negara lain sehingga Anda dapat mengakses konten yang hanya tersedia di negara tersebut (mis. Liputan BBC Olympic saat Anda tidak berada di Inggris) maka Anda memerlukan layanan VPN dengan server yang berlokasi di wilayah geografis tempat Anda ingin keluar dari jaringan tervirtualisasi.

Butuh akses Inggris untuk liputan Olimpiade yang Anda dambakan? Pastikan penyedia Anda memiliki server Inggris. Butuh alamat IP AS agar Anda dapat menonton video YouTube dengan tenang?

Pilih penyedia dengan daftar panjang node keluar AS. Bahkan penyedia VPN terbaik di sekitar tidak berguna jika Anda tidak dapat mengakses alamat IP di wilayah geografis yang Anda butuhkan.

Apakah Anda Membutuhkan Anonimitas dan Penyangkalan yang Masuk Akal?
Jika kebutuhan Anda lebih serius daripada menonton Netflix atau mencegah anak-anak perang di kedai kopi mengintip aktivitas media sosial Anda, VPN mungkin bukan untuk Anda.

Banyak VPN menjanjikan anonimitas, tetapi hanya sedikit yang benar-benar dapat menyediakannya – dan Anda masih mempercayai penyedia VPN dengan akses ke lalu lintas Anda, yang sebenarnya tidak ideal.

Untuk itu, Anda mungkin menginginkan sesuatu yang lebih seperti Tor , yang – meski tidak sempurna – adalah solusi anonimitas yang lebih baik daripada VPN.

Namun, banyak pengguna mengandalkan VPN untuk membuat penyangkalan yang masuk akal saat melakukan hal-hal seperti berbagi file di BitTorrent. Dengan membuat lalu lintas mereka tampak seolah-olah berasal dari alamat IP yang berbeda, mereka dapat memasang satu bata lagi di dinding yang menghalangi mereka dari orang lain dalam kerumunan. Sekali lagi, ini tidak sempurna, tetapi sangat membantu.

Jika itu terdengar seperti Anda, Anda menginginkan penyedia VPN yang tidak menyimpan log dan memiliki basis pengguna yang sangat besar. Semakin besar layanan, semakin banyak orang yang menelusuri setiap node keluar dan semakin sulit untuk mengisolasi satu pengguna dari kerumunan.

Banyak orang menghindari penggunaan penyedia VPN yang berbasis di Amerika Serikat dengan alasan bahwa hukum AS akan memaksa penyedia tersebut untuk mencatat semua aktivitas VPN. Secara berlawanan, tidak ada persyaratan pencatatan data untuk penyedia VPN yang berbasis di AS. Mereka mungkin dipaksa di bawah hukum lain untuk menyerahkan data jika mereka punya untuk diserahkan, tapi tidak ada persyaratan mereka bahkan menyimpan data di tempat pertama.

Selain masalah pencatatan, masalah yang lebih besar lagi adalah jenis protokol dan enkripsi VPN yang mereka gunakan (karena jauh lebih mungkin pihak ketiga yang jahat akan mencoba dan menyedot lalu lintas Anda dan menganalisisnya nanti daripada mereka akan merekayasa balik lalu lintas Anda di mencoba menemukan Anda).

Mempertimbangkan logging, protokol, dan standar enkripsi adalah poin yang bagus untuk transisi ke bagian selanjutnya dari panduan kami di mana kami beralih dari pertanyaan yang berfokus pada kebutuhan kami ke pertanyaan yang berfokus pada kemampuan penyedia VPN.

Memilih Penyedia VPN
Apa yang membuat penyedia VPN? Selain dari masalah yang paling jelas, titik harga bagus yang sesuai dengan anggaran Anda, elemen lain dari pemilihan VPN bisa sedikit buram. Mari kita lihat beberapa elemen yang ingin Anda pertimbangkan.

Terserah Anda untuk menjawab pertanyaan ini dengan membaca dokumentasi yang disediakan oleh penyedia layanan VPN sebelum mendaftar ke layanan tersebut. Lebih baik lagi, baca kembali dokumentasi mereka dan kemudian cari keluhan tentang layanan untuk memastikan bahwa meskipun mereka mengklaim tidak melakukan X, Y, atau Z, bahwa pengguna tidak melaporkan bahwa mereka sebenarnya melakukan hal itu.

Protokol Apa yang Mereka Dukung?
Tidak semua protokol VPN sama (tidak dalam jangka panjang). Mudah, protokol yang ingin Anda jalankan untuk mencapai tingkat keamanan tinggi dengan overhead pemrosesan yang rendah adalah OpenVPN.


Anda ingin melewati PPTP jika memungkinkan. Ini adalah protokol yang sangat kuno yang menggunakan enkripsi lemah dan karena masalah keamanan harus dianggap disusupi.

Mungkin cukup baik untuk mengamankan penjelajahan web yang tidak penting di kedai kopi (misalnya untuk mencegah putra pemilik toko mengendus kata sandi Anda), tetapi itu tidak dapat dilakukan untuk keamanan yang serius.

Meskipun L2TP / IPsec merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan PPTP, L2TP / IPsec tidak memiliki kecepatan dan audit keamanan terbuka yang ditemukan pada OpenVPN.

Singkat cerita, OpenVPN adalah yang Anda inginkan (dan Anda tidak boleh menerima substitusi sampai sesuatu yang lebih baik datang). Jika Anda menginginkan versi panjang dari cerita pendek, lihat panduan kami tentang protokol VPN untuk melihat lebih detail.

Saat ini hanya ada satu skenario di mana Anda akan menghibur menggunakan L2TP / IPsec daripada OpenVPN dan itu untuk perangkat seluler seperti iOS dan ponsel Android. Saat ini baik Android maupun iOS tidak mendukung OpenVPN asli (meskipun ada dukungan pihak ketiga untuk itu).

Kedua sistem operasi seluler tersebut, bagaimanapun, mendukung L2TP / Ipsec secara asli dan, dengan demikian, ini adalah alternatif yang berguna.

Penyedia VPN yang baik akan menawarkan semua opsi di atas. Penyedia VPN yang sangat baik bahkan akan memberikan dokumentasi yang baik dan menjauhkan Anda dari penggunaan PPTP untuk alasan yang sama seperti yang baru saja kami lakukan.

Anda juga harus memeriksa kunci yang dibagikan sebelumnya yang mereka gunakan untuk protokol tersebut, karena banyak penyedia VPN menggunakan kunci yang tidak aman dan mudah ditebak .)

Berapa Banyak Server Yang Dimiliki dan Dimana saja tempat servernya?
Jika Anda ingin mengakses sumber media AS seperti Netflix dan YouTube tanpa geo-blocking, maka layanan VPN dengan mayoritas node-nya di Afrika dan Asia tidak banyak berguna bagi Anda.

Terima tidak kurang dari berbagai server stabil di banyak negara. Mengingat betapa kuat dan banyaknya layanan VPN yang digunakan, tidak masuk akal untuk mengharapkan ratusan, bahkan ribuan, server di seluruh dunia.

Selain memeriksa berapa banyak server yang mereka miliki dan di mana lokasi server tersebut, sebaiknya Anda juga memeriksa di mana basis perusahaan dan apakah lokasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda (jika Anda menggunakan VPN untuk menghindari penganiayaan oleh pemerintah Anda, maka akan bijaksana untuk menghindari penyedia VPN di negara yang memiliki hubungan dekat dengan negara Anda).

Cek, Berapa Banyak Koneksi Bersamaan yang Diizinkan?
Anda mungkin berpikir: “Saya hanya butuh satu koneksi, bukan?” Bagaimana jika Anda ingin mengatur akses VPN di lebih dari satu perangkat, untuk lebih dari satu anggota keluarga, di router rumah Anda, atau sejenisnya? Anda memerlukan beberapa koneksi bersamaan ke layanan.

Atau, mungkin, jika Anda sangat berorientasi pada keamanan, Anda ingin mengonfigurasi beberapa perangkat untuk menggunakan beberapa node keluar yang berbeda sehingga lalu lintas pribadi atau rumah tangga kolektif Anda tidak semuanya digabungkan.

Minimal, Anda menginginkan layanan yang memungkinkan setidaknya dua koneksi bersamaan; berbicara lebih banyak lebih baik (untuk memperhitungkan semua perangkat seluler dan komputer Anda) dan dengan kemampuan untuk menautkan router Anda ke jaringan VPN lebih disukai.

Cek VPN, Apakah Membatasi Koneksi, Membatasi Bandwidth, atau Membatasi Layanan?
Pelambatan ISP adalah salah satu alasan mengapa banyak orang beralih ke jaringan VPN, jadi membayar ekstra untuk layanan VPN di atas tagihan broadband Anda hanya untuk dicekik lagi adalah proposisi yang buruk. Ini adalah salah satu topik yang beberapa VPN tidak sepenuhnya transparan, jadi ada baiknya melakukan sedikit penggalian di Google.

Pembatasan bandwidth mungkin bukan masalah besar di era pra-streaming, tetapi sekarang setelah semua orang melakukan streaming video, musik, dan lainnya, bandwidth habis dengan sangat cepat. Hindari VPN yang memberlakukan pembatasan bandwidth kecuali jika pembatasan bandwidth secara jelas sangat tinggi dan dimaksudkan hanya untuk memungkinkan penyedia mengawasi orang-orang yang menyalahgunakan layanan.

Dalam hal itu, layanan VPN berbayar yang membatasi Anda pada data senilai GB tidak masuk akal kecuali Anda hanya menggunakannya untuk penelusuran dasar sesekali. Layanan dengan cetakan kecil yang membatasi Anda ke sejumlah X data TB dapat diterima, tetapi bandwidth yang benar-benar tidak terbatas seharusnya diharapkan.

Terakhir, baca cetakan kecil untuk melihat apakah mereka membatasi protokol atau layanan apa pun yang ingin Anda gunakan layanannya. Jika Anda ingin menggunakan layanan untuk berbagi file, baca baik-baik saja untuk memastikan layanan berbagi file Anda tidak diblokir.

Sekali lagi, meskipun biasanya melihat penyedia VPN membatasi layanan di masa lalu (dalam upaya untuk mengurangi bandwidth dan overhead komputasi), sekarang lebih umum untuk menemukan VPN dengan kebijakan apa saja.

Jenis Log Apa, Jika Ada, Apakah Mereka Simpan?
Kebanyakan VPN tidak akan menyimpan catatan aktivitas pengguna apa pun. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan mereka (dan nilai jual yang bagus), tetapi juga bermanfaat besar bagi mereka (karena pencatatan mendetail dapat dengan cepat menghabiskan sumber daya disk demi disk).

Banyak dari penyedia VPN terbesar akan memberi tahu Anda sebanyak itu: tidak hanya mereka tidak tertarik untuk menyimpan catatan, tetapi mengingat ukuran operasi mereka yang besar, mereka bahkan tidak dapat mulai menyisihkan ruang disk untuk melakukannya.

Meskipun beberapa VPN akan mencatat bahwa mereka menyimpan log untuk jangka waktu yang sangat minimum (seperti hanya beberapa jam) untuk memfasilitasi pemeliharaan dan memastikan jaringan mereka berjalan dengan lancar, ada sedikit alasan untuk menerima apa pun yang kurang dari nol logging.

Metode Pembayaran Apa yang Mereka Tawarkan?
Jika Anda membeli VPN untuk mengamankan lalu lintas Anda dari pengintaian simpul Wi-Fi saat bepergian, atau untuk mengarahkan lalu lintas Anda dengan aman kembali ke AS, metode pembayaran anonim sepertinya bukan prioritas yang sangat tinggi untuk Anda.

Jika Anda membeli VPN untuk menghindari penganiayaan politik atau ingin tetap anonim, maka Anda akan jauh lebih tertarik pada layanan yang memungkinkan pembayaran melalui sumber anonim seperti mata uang kripto atau kartu hadiah.

Anda mendengar kami tepat di bagian terakhir: sejumlah penyedia VPN memiliki sistem di mana mereka akan menerima kartu hadiah dari pengecer besar (yang sama sekali tidak terkait dengan bisnis mereka) seperti Wal-Mart atau Target dengan imbalan kredit VPN.

Anda dapat membeli kartu hadiah ke sejumlah toko besar menggunakan uang tunai, menebusnya dengan kredit VPN, dan menghindari menggunakan kartu kredit pribadi atau memeriksa informasi.

Apakah Mereka Memiliki Sistem Kill Switch?
Jika Anda bergantung pada VPN untuk menjaga aktivitas Anda tetap anonim, Anda memerlukan rasa aman bahwa VPN tidak akan mati begitu saja dan membuang semua lalu lintas Anda ke internet biasa. Yang Anda inginkan adalah alat yang dikenal sebagai “sistem tombol pemutus”.

Penyedia VPN yang baik memiliki sistem tombol pemutus sedemikian rupa sehingga jika koneksi VPN gagal karena alasan apapun maka secara otomatis akan mengunci koneksi sehingga komputer tidak default untuk menggunakan koneksi internet yang terbuka dan tidak aman.

VPN Rekomendasi
Pada titik ini, dapat dimengerti bahwa kepala Anda berputar memikirkan semua pekerjaan rumah yang Anda miliki di depan Anda. Kami memahami bahwa memilih layanan VPN bisa menjadi tugas yang menakutkan dan bahkan dipersenjatai dengan pertanyaan yang kami uraikan di atas Anda tidak yakin ke mana harus berpaling.

Kami dengan senang hati membantu memotong semua jargon dan teks iklan untuk membantu memahami semuanya dan, untuk itu, kami telah memilih tiga penyedia layanan VPN yang kami miliki pengalaman pribadi langsung dan yang memenuhi pilihan VPN kami kriteria.

Selain memenuhi kriteria kami yang telah digariskan (dan melebihi harapan kami untuk kualitas layanan dan kemudahan penggunaan), semua rekomendasi kami di sini telah digunakan selama bertahun-tahun dan tetap berperingkat tinggi dan direkomendasikan selama itu.

1. StrongVPN
StrongVPN adalah pilihan yang bagus, karena memenuhi kebutuhan pengguna yang mahir dan pengguna biasa. Harga mulai dari $ 10 sebulan dan turun dengan cepat, saat Anda membeli layanan satu tahun sekaligus, menjadi $ 5,83 sebulan.

Kemudahan penyiapannya luar biasa – jika Anda baru mengenal VPN dan / atau tidak memiliki waktu ekstra untuk repot dengan pengaturan manual, Anda cukup mengunduh aplikasi penyiapan mereka untuk Windows, OS X, iOS, dan Android untuk mengotomatiskan penyiapan proses.

Jika Anda menginginkan kontrol yang lebih terperinci atau perlu mengonfigurasi perangkat seperti router secara manual, Anda dapat mengikuti salah satu dari banyak panduan mereka untuk sistem operasi dan perangkat keras yang berbeda untuk melakukannya secara manual.

StrongVPN memiliki node keluar di 43 kota, 20 negara, dan mendukung protokol PPTP, L2TP, SSTP, IPSec, dan OpenVPN – Anda akan kesulitan menemukan perangkat yang tidak dapat Anda konfigurasi untuk menggunakan layanan mereka.

Tidak ada batasan bandwidth, batas kecepatan, atau batasan pada protokol atau layanan (torrent, Netflix, sebut saja, mereka tidak peduli). Selain itu, StrongVPN tidak menyimpan log server .

Meskipun StrongVPN membatasi Anda pada dua koneksi bersamaan per akun (bukan instalasi pada dua perangkat, ingatlah, dua koneksi berbeda pada satu waktu), Anda dapat mengonfigurasi router rumah Anda untuk terhubung ke layanan mereka, jadi lebih seperti Anda memiliki koneksi untuk di rumah dan sambungan untuk perangkat Anda saat Anda bepergian.

2. ExpressVPN
Jika Anda mencari VPN yang memiliki semuanya – aplikasi klien yang mudah digunakan untuk setiap platform, 2000+ server di 94 negara berbeda, kecepatan sangat tinggi, dan keamanan – Anda mungkin akan memilih ExpressVPN . Mereka punya paket mulai dari $ 8,32 per bulan sejak tulisan ini dibuat, dengan jaminan uang kembali 30 hari.

ExpressVPN tidak mencatat, mereka tidak memblokir apa pun, dan tidak memiliki batasan atau batasan lebar pita. Pada dasarnya ada server di negara mana pun yang dapat Anda bayangkan, dan mereka cukup besar untuk dapat menangani banyak pelanggan.

Selain kecepatan tinggi, yang merupakan faktor terpenting dalam memilih VPN, ExpressVPN jelas memiliki klien terbaik di berbagai perangkat terluas – Windows, Mac, iPhone, Android, Linux, dan mereka bahkan menjual router yang sudah dimuat sebelumnya dengan konfigurasi VPN mereka. .

3. TunnelBear
Jika Anda mencari sesuatu yang gratis, tidak perlu mencari lagi. Jika StrongVPN dan SurfEasy seperti sedan kelas menengah yang solid, TunnelBear lebih seperti mobil econo (jika Anda membeli langganan TunnelBear) atau bus kota (jika Anda menggunakan program gratis mereka yang murah hati).

Itu juga bukan kesalahan TunnelBear — mereka sudah ada selama bertahun-tahun dan tingkat layanan gratis mereka sangat berguna bagi orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia.

Layanan TunnelBear gratis menawarkan hingga 500MB per bulan. Itu bukan data yang banyak, tapi cukup untuk browsing ringan sesekali di jaringan publik. Jika Anda membutuhkan lebih banyak data dari itu, Anda dapat meningkatkan ke akun profesional mereka dengan $ 7,99 per bulan atau $ 4,16 per bulan jika ditagih setiap tahun.

Akun gratis terbatas untuk satu pengguna, sedangkan akun premium mengaktifkan bandwidth tak terbatas hingga lima komputer atau perangkat seluler. TunnelBear tidak mencantumkan jumlah total server di situs mereka, tetapi mereka menawarkan server di 20 negara.

Klien Windows dan Mac OS X mereka didasarkan pada OpenVPN dan sistem VPN seluler mereka menggunakan L2TP / IPsec. Tidak seperti dua rekomendasi sebelumnya, bagaimanapun, TunnelBear memiliki sikap yang lebih tegas terhadap aktivitas berbagi file dan BitTorrent diblokir.

Kecepatan mereka juga tidak secepat yang lain, jadi Anda mungkin mengalami koneksi yang lebih lambat dengan TunnelBear.

Dari sudut pandang fitur-ke-dolar, penawaran premium TunnelBear tidak mengalahkan dua rekomendasi kami sebelumnya. StrongVPN dan SurfEasy adalah taruhan yang lebih baik jika Anda bersedia membayar.

Namun, TunnelBear memang menawarkan tingkat gratis, tidak menyimpan log, dan sangat mudah untuk memulai dan menjalankan aplikasi mereka yang sangat sederhana untuk pengguna desktop dan seluler.

Apakah Anda bosan dengan ISP Anda yang membatasi koneksi Anda, Anda ingin mengamankan sesi penjelajahan Anda saat dalam perjalanan, atau Anda hanya ingin mengunduh apa pun yang Anda inginkan tanpa pria di punggung Anda, tidak ada pengganti untuk menggunakan Jaringan Pribadi Maya dengan aman.

Sekarang setelah Anda dipersenjatai dengan pengetahuan yang diperlukan untuk memilih VPN yang bagus (dan dengan tiga rekomendasi yang solid pada saat itu), sekarang saatnya untuk mengamankan lalu lintas internet Anda untuk selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *