Cara Memeriksa Ejaan Kata di Google Docs

Seperti halnya perangkat lunak pengolah kata microsoft word, Google Docs saat ini terintegrasi dengan tools untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa Anda.

Cara memeriksa ejaan yang salah pada google docs sangatlah mudah. Biar lebih gampang, Yuk! ikuti ulasan tectimed.com berikut ini.

Cara Memeriksa Ejaan Anda di Google Docs
Secara default, pemeriksaan ejaan dan tata bahasa Google Dokumen diaktifkan saat Anda pertama kali membuka dokumen. Setiap kali Anda salah mengeja kata atau mengetik “milik Anda” saat Anda bermaksud “Anda”, pemeriksa ejaan menggarisbawahi kesalahan tersebut dengan garis berlekuk merah, meminta Anda untuk membuat perubahan.

Saya akan menggunakan Google Doc, tetapi alat ejaan dan tata bahasa yang sama juga tersedia dengan Sheets dan Slides.

Pertama, buka dokumen Anda dengan Google Docs.

Untuk memastikan alat tersebut diaktifkan, Anda dapat mulai mengetik beberapa kata yang salah eja atau pergi ke Tools> Spelling kemudian pastikan diberi tanda centang pada sebelah “Underline Errors” .

Setelah itu, setiap kali terjadi kesalahan, itu akan muncul dengan garis bawah yang berlekuk-lekuk berwarna merah.

Anda dapat mengklik kanan pada satu kesalahan untuk memperbaikinya dengan cepat tanpa harus membuka alat tersebut.

Sebuah jendela kecil terbuka dengan beberapa pilihan untuk dipilih, seperti dibawah ini:
Change jika ingin mengubah kesalahan menjadi perbaikan yang disarankan,
Ignore jika ingin mengabaikan kesalahan saat ini, atau
Add to Dictionary jika ingin menambahkan kata ke kamus sehingga tidak akan muncul sebagai kesalahan lagi.

Untuk memeriksa seluruh dokumen Anda untuk kesalahan ejaan, pergi ke Tools> Spelling > Spell Check untuk membuka alat Pemeriksa Ejaan.

Google Docs memandu Anda melalui setiap kesalahan yang terdeteksi, dan Anda dapat membuat koreksi yang sama yang baru saja kita bahas. Jika ada lagi kesalahan dalam dokumen Anda, alat akan melanjutkan melalui dokumen sampai semua kesalahan diperbaiki.

Cara Menggunakan Kamus di Google Docs
Bersama dengan pemeriksa ejaan dan tata bahasa, Google Docs memiliki kamus internal yang dapat Anda gunakan untuk mencari kata, dan bahkan menyarankan sinonim dari kata-kata yang dipilih langsung di dalam dokumen Anda.

Dari dokumen Anda, sorot sebuah kata, klik kanan, lalu pilih “Define [word]”. Atau, setelah menyorot kata, tekan Ctrl + Shift + Y untuk membuka jendela yang sama.

Sebuah jendela akan terbuka dengan definisi kamus dari kata tersebut bersama dengan daftar sinonim yang terkait dengan kata tersebut.

Meskipun pemeriksa ejaan dan tata bahasa adalah alat yang ampuh untuk kesalahan ketik dan kata-kata yang salah eja, ini tidak sepenuhnya mudah. Ini tidak dapat secara akurat mengoreksi semua kesalahan kontekstual (seperti menggunakan “melempar” bukan “melalui”) atau mengidentifikasi fragmen kalimat atau sambungan koma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *