Cara Memeriksa Bahasa Inklusif di Word

Cara Memeriksa Bahasa Inklusif di Word – Microsoft Word dapat digunakan untuk memastikan bahasa inklusif dalam komunikasi profesional dengan memeriksa tulisan untuk bias gender, bias usia, dan banyak lagi. Sayangnya fitur ini dimatikan secara default, jika Anda ingin menghindari penggunaan bahasa pengecualian, berikut cara mengaktifkannya.

Baca juga : Cara Memasukkan Emoji di Word

Penambahan bahasa inklusif untuk pemeriksa tata bahasa hanya tersedia di versi Word yang disertakan dengan langganan Microsoft 365. Jika Anda menggunakan Office 2019 versi berdiri sendiri atau versi Office yang lebih lama, Anda tidak akan memiliki akses ke fitur ini.

Mulailah dengan membuka dokumen Microsoft Word. Dari tab “Beranda”, klik Editor> Setelan.

Anda juga dapat mengakses menu ini dengan membuka File> Options, memilih “Proofing”, lalu mengklik tombol “Settings”.

Gulir ke bawah ke bagian “Inklusivitas”, pilih semua kotak centang yang ingin Anda periksa Word dalam dokumen Anda, dan klik tombol “OK”.

Sekarang, saat Anda menulis apa pun di Word, pemeriksa tata bahasa akan mendeteksi bahasa non-inklusif, seperti “Whitelist” dan “Blacklist”, dan menyarankan alternatif.

Baca juga : Cara Mengatur Spasi Baris dan Spasi Paragraf di Microsoft Word


Pemeriksaan tata bahasa tampaknya dimaksudkan untuk bias yang belum Anda pikirkan, bukan yang terlihat sangat jelas. Misalnya, beberapa penghinaan rasial tidak ditandai, mungkin karena dianggap menyinggung. Namun, pemeriksa mengambil kata “umat manusia”, dengan saran untuk mengubahnya menjadi “manusia” dan “kemanusiaan”.

Baca juga : Tombol Pintas Microsoft Word

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *