Cara Membuat Video YouTube

YouTube merupakan platform media sosial yang paling digemari oleh semua orang. Saat ini banyak yang memiliki channel youtube untuk membuat dan mengunggah konten video agar bisa dilihat oleh siapa saja.

Bahkan banyak creator video membuat karir penuh di YouTube dengan hasil tiap bulannya hingga ratusan juta dollar. Cukup fantastis bukan?

Nah, bagi Anda yang ingin memulai membuat video youtube harus dipersiapkan terlebih dahulu alat-alatnya.

Perangkat keras

Meskipun mudah untuk mulai membuat video bahkan hanya dengan laptop atau HP untuk membuat banyak konten.

Namun Anda pasti ingin menggunakan komputer / HP yang memiliki fasilitas mumpuni. Tetapi kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung pada situasi.

Misalnya, jika Anda ingin membuat konten video game, pasti Anda ingin menggunakan komputer yang jauh lebih canggih ketimbang membuat jenis konten biasa.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan untuk membuat video youtube berkualitas adalah ukuran hard drive Anda. Jika Anda merekam banyak footage, terutama pada resolusi dan frekuensi gambar yang lebih tinggi, tentunya akan memerlukan banyak ruang yang cukup.

Hard drive yang Anda perlukan untuk memulai membuat video youtube setidaknya 500GB. Berapa banyak ruang yang dibutuhkan akan bervariasi tergantung pada seberapa banyak footage yang disimpan, dan seberapa sering Anda merekam.

Jika Anda tidak cukup banyak ruang harus sering menghapus semua footage lama sebelum Anda memulai membuat video berikutnya.

Hal kedua adalah kekuatan sistem Anda secara keseluruhan. Pengeditan footage membutuhkan banyak prosesor, dan software pengeditan akan jauh lebih lambat pada rig kelas bawah.

RAM juga merupakan faktor penting untuk mendapatkan video youtube yang berkualitas. Melakukan edit video memerlukan RAM yang cukup agar kinerja sistem tidak lambat.

Salah satu alat perekam video terbaik untuk PC adalah OBS Studio, yang dapat merekam (dan mengalirkan ) dari hampir semua hal yang Anda sambungkan ke PC. Ini juga memiliki beberapa alat komposisi built-in yang bagus untuk menyejajarkan kamera Anda dan stream overlay.

Jika Anda menggunakan webcam sebagai kamera, Anda harus menggunakan OBS untuk merekam video. Jika Anda memiliki kamera yang sebenarnya, dan bukan webcam, mungkin yang terbaik adalah menggunakan alat bawaan apa pun yang Anda miliki di perangkat.

Meskipun Anda melakukan narasi sederhana atas gambar atau video lain dan tidak perlu merekam materi Anda sendiri, Anda tetap perlu menyimpan semuanya di satu tempat sebelum mengedit.

Jika Anda ingin menambah animasi video, dapat menggunakan Aplikasi Pencil2D maupun Blender. Pencil2D adalah aplikasi edit video gratis yang sederhana untuk membuat animasi 2D.

Sedangkan Blender adalah alat yang jauh lebih kompleks untuk melakukan animasi 3D. Selain itu Jika Anda menginginkan alat berbayar dapat menggunakan Aplikasi edit video Adobe Animate dan Cinema 4D.

Perlu diingat, membuat animasi video banyak memakan waktu jauh lebih lama daripada merekam video secara normal. Namun dengan menambahkan animasi pada video dapat menghasilkan hasil yang baik.

Aplikasi Edit Video Youtube

Saat harus menyatukan Video klip, Anda memiliki berbagai opsi perangkat lunak untuk dipilih. Anda dapat menggunakan aplikasi edit video yang sederhana seperti

Windows Movie Maker. Jika Anda ingin mendapatkan kualitas video youtube terlihat bagus, yang terbaik adalah belajar menggunakan program pengeditan yang lebih baik.

Lightworks adalah editor sederhana, gratis, dan cukup mudah dipelajari. Adobe Premier adalah standar industri untuk pengeditan video, meskipun mahal dan kurva pembelajarannya tinggi — kecuali Anda membuat konten yang rumit, itu mungkin lebih dari yang Anda butuhkan.

Davinci Resolve adalah alat yang hebat dan sangat gratis dan kemungkinan merupakan editor gratis terbaik yang bisa Anda dapatkan (meskipun mereka memiliki versi pro).

iMovie Aplikasi edit video bawaan Apple Mac adalah alat yang sangat bagus, mengguncang desain sederhana dan mudah digunakan khas Apple.

Final Cut adalah versi “pro” dari iMovie, mengemas fitur-fitur canggih ke dalam antarmuka yang mirip dengan iMovie.

Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan semua aplikasi yang tercantum di atas di macOS, tetapi iMovie dan Final Cut khusus untuk Mac.

Merender dan Mengupload Video di Youtube

Setelah Anda selesai mengedit, Anda ingin membuat video Anda menjadi file dalam aplikasi apa pun yang Anda gunakan untuk menggabungkannya. Proses ini dapat memakan waktu cukup lama, karena sangat menguras CPU — terutama jika Anda merender rekaman resolusi tinggi. Setelah selesai, Anda pasti ingin menuju ke halaman unggahan YouTube dan meletakkan file di sana. Atau, beberapa aplikasi seperti Final Cut memungkinkan Anda untuk menyinkronkan akun YouTube Anda dan mengunggah langsung ke YouTube, yang menghemat satu langkah.

Bergantung pada kecepatan koneksi Anda, video Anda mungkin memerlukan beberapa saat untuk diupload juga. Meskipun Anda memiliki internet berkecepatan tinggi , Anda mungkin memiliki kecepatan unggah yang relatif rendah. YouTube juga membutuhkan waktu untuk memproses video Anda sebelum ditayangkan, untuk menyiapkannya untuk distribusi. Resolusi yang lebih rendah akan diproses terlebih dahulu, jadi jika Anda melihat video Anda dalam 480p tepat setelah mengunggah, jangan khawatir, versi resolusi yang lebih tinggi akan masuk nanti. Keseluruhan proses ini biasanya tidak memakan waktu lebih dari lima menit atau lebih.

Membuat Judul, Pemberian Tag, dan Gambar Mini

Setelah Anda mengupload video dan YouTube telah memprosesnya, Anda masih memiliki sedikit pekerjaan yang harus dilakukan.

Anda harus mengisi judul, deskripsi, dan tag video Anda — semuanya membantu YouTube dengan lebih mudah menemukan cara merekomendasikannya kepada orang-orang. Thumbnail Anda juga sangat penting. YouTube secara otomatis akan memilih thumbnail dari tempat acak di video Anda, tetapi Anda hampir selalu ingin menggunakan thumbnail kustom untuk menarik lebih banyak orang.

Anda bahkan tidak perlu melakukan pengeditan apa pun, karena Anda dapat mengambil tangkapan layar dari titik dalam video yang ingin Anda gunakan sebagai thumbnail, dan mengunggahnya. Jika Anda ingin menambahkan teks di atas thumbnail, Anda dapat menggunakan program pengeditan foto seperti Photoshop atau GIMP .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *