Cara Membuat Text Box di Word dan Cara Menggunakannya

Cara Membuat Text Box di Word dan Cara Menggunakannya

Text box digunakan untuk memasukkan teks tertentu dalam dokumen Microsoft Word. Anda dapat memilih text box di word dari berbagai kotak teks yang telah diformat sebelumnya, atau menggambar dan memformat text box sendiri.

Text box bagus untuk menambahkan hal-hal seperti kutipan tarik, atau bahkan untuk meletakkan teks dan gambar pada hal-hal seperti selebaran.

Word memiliki sejumlah gaya text box yang telah ditentukan sebelumnya yang dapat Anda gunakan, atau Anda dapat menggambarnya sendiri. Terlepas dari cara Anda membuat text box, Anda dapat memformatnya sesuai dengan keinginan Anda. Begini cara kerjanya.

Sisipkan Text Box Bawaan
Beralih ke tab “Insert” di Pita Word, lalu klik tombol “Text Box”.

Selanjutnya menu dropdown akan terbuka dengan pilihan gaya text box yang telah ditentukan sebelumnya. Ada berbagai gaya dan pemformatan yang dapat dipilih, termasuk kotak teks dengan batas, bayangan, warna font, dan atribut lainnya.

Klik salah satu untuk memasukkannya ke dalam dokumen Anda. Dan jangan khawatir, Anda akan dapat menyesuaikan warna dan pemformatan.

Saat Anda menyisipkan Text Box, di dalamnya terdapat teks dan secara otomatis di block, sehingga Anda dapat langsung mengetik sesuatu untuk mengganti teks placeholder tersebut.

Text Box yang sudah ditentukan sebelumnya juga berisi opsi tata letak yang telah dipilih sebelumnya, termasuk ukuran dan penempatannya di halaman. Setelah memasukkannya, Anda dapat mengubah ukurannya atau memindahkannya ke lokasi lain.

Anda dapat menyeret salah satu pegangan di empat sudut atau samping untuk mengubah ukuran kotak. Pegangan putar di bagian atas kotak (panah melingkar) memungkinkan Anda memutar kotak.

Dan untuk memindahkannya ke tempat lain dalam dokumen Anda, cukup letakkan kursor Anda di tepi kotak sampai Anda melihat panah berkepala empat, lalu Anda dapat menyeretnya ke mana pun Anda mau.

Anda juga dapat mengubah bagaimana teks dokumen biasa membungkus text box seperti yang dapat Anda lakukan dengan bentuk atau objek lainnya.

Membuat Text Box Sendiri
Anda juga dapat menggambar kotak teks Anda sendiri jika Anda sudah memikirkan ukuran dan penempatannya.

Beralih ke tab “Insert” di Pita Word, lalu klik tombol “Text Box”. Di menu dropdown, klik perintah “Draw Text Box”.

Penunjuk Anda berubah menjadi simbol cross-hair. Tekan dan seret mouse Anda untuk menggambar Text Box Anda.

Setelah Anda membuat Text Box baru, Anda dapat langsung mengetik teks di dalam text box yang telaha Anda buat.

Jika Anda ingin mengatur penempatan letak text box, Anda dapat mengklik tombol “Layout Options” yang muncul di sebelah kanan kotak teks, lalu pilih salah satu opsi tata letak lainnya.

Memformat Text Box
Untuk memformat text box di word, ada berbagai opsi pemformatan pada tab “Format” di Pita. Untuk menerapkan gaya kotak teks, arahkan ke gaya untuk melihat seperti apa tampilannya. Klik pada gaya untuk menerapkannya ke kotak teks Anda.

Berikutnya, mulailah menjelajahi opsi pemformatan lain seperti Shape Fill, Shape Outline, and Change Shape — semuanya juga tersedia di tab Format.

Pertama, pastikan untuk mengklik tepi kotak teks untuk memastikan kotak dipilih. Kemudian pilih opsi pemformatan dari tab Format. Selain itu, Anda dapat menerapkan Shadow Effects (Efek Bayangan) and 3-D Effects ke Text Box Anda.

Untuk mengubah font, warna font, atau atribut font lainnya, gunakan opsi pemformatan dalam grup Font di tab Beranda. Anda akan menerapkan atribut font ke teks Anda dengan cara yang sama seperti Anda memformat teks lain di dokumen Anda.

Cukup pilih teks Anda, lalu klik opsi pemformatan untuk mengubah font, warna font, atau ukuran font, atau terapkan atribut pemformatan lainnya termasuk cetak tebal, miring, garis bawah, bayangan, atau sorotan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *