Cara Membuat Halaman Sampul di Microsoft Word

Cara Membuat Halaman Sampul di Microsoft Word – Memiliki desain halaman sampul yang bagus tentunya dapat menarik perhatian para pembaca.

Jika Anda menggunakan Microsoft Word, Anda termasuk orang yang beruntung, karena Word terdapat halaman sampul bawaan yang siap Anda gunakan.

Perlu Anda ketahui, di MS. Word Anda juga dapat membuat halaman sampul khusus. Sudah tahukah cara menggunakannya? Bila belum tahu cara membuat halaman sampul di word, Yuk simak ulasan techtimed.com sampai selesai ya.

Cara Menambahkan Halaman Sampul Siap Pakai ke Dokumen Word
Word menyertakan beberapa templat halaman sampul yang dapat Anda sisipkan dan kemudian sesuaikan sedikit jika Anda memerlukan halaman sampul cepat untuk dokumen Anda.

Untuk menemukannya, alihkan ke tab “Insert” di Pita Word dan kemudian klik tombol “Cover Page”. (Jika jendela Anda tidak dimaksimalkan, Anda mungkin melihat tombol “Halaman” sebagai gantinya. Klik untuk menampilkan tombol “Halaman Sampul”.)

Pada menu drop-down, klik halaman sampul yang ingin Anda gunakan.

Anda sekarang dapat menambahkan judul dokumen, subjudul, tanggal, dan informasi lainnya, serta sedikit mengubah desain jika Anda mau.

Cara Membuat Halaman Sampul Kustom di Microsoft Word
Membuat halaman sampul dari templat cukup mudah, tetapi jika Anda tidak menyukai desain bawaan apa pun, Anda dapat membuatnya sendiri. Anda dapat melakukan ini pada dokumen yang sudah ada, tetapi paling mudah untuk memulai dengan dokumen kosong. Kami akan menyimpan halaman sampul khusus sehingga Anda dapat dengan cepat memasukkannya ke dalam dokumen yang ada.

Anda dapat membuat halaman sampul Anda menggunakan hampir semua alat Word. Anda dapat menambahkan warna latar belakang, gambar, atau tekstur . Anda juga dapat memposisikan elemen tersebut sesuai keinginan Anda dan bahkan menerapkan alat pembungkusan teks Word ke dalamnya. Buatlah tampilan seperti yang Anda inginkan.

Jika menyangkut konten, Anda memiliki beberapa opsi. Anda bisa mengetik teks yang Anda inginkan, tetapi itu tidak akan membuatnya menjadi template kecuali Anda menginginkan teks yang sama di halaman sampul setiap kali Anda menggunakannya.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan fitur Komponen Cepat Word untuk menambahkan properti dokumen ke dokumen. Untuk melakukan itu, alihkan ke tab “Insert” dan kemudian klik tombol “Quick Parts”.

Pada menu drop-down, arahkan ke submenu “Document Property”, dan Anda akan melihat sekumpulan properti berbeda yang dapat Anda sisipkan ke dalam dokumen Anda: penulis, judul, perusahaan, tanggal penerbitan, dan seterusnya. Silakan dan masukkan properti mana saja yang ingin Anda munculkan di halaman judul Anda.

Setelah selesai, Anda akan memiliki beberapa bidang di halaman Anda. Saat Anda memasukkan halaman sampul Anda ke dalam dokumen nanti, bidang tersebut diisi dengan properti sebenarnya dari dokumen (dan Anda juga dapat mengeditnya dengan cepat jika Anda mau).

Mereka sangat sederhana untuk memulai, tetapi Anda dapat memperlakukannya seperti teks lain di Word dengan menerapkan gaya dan pemformatan, menempatkannya di tengah halaman — apa pun. Di sini, kami telah memusatkannya di halaman, menerapkan gaya Judul ke judul, menggeser sedikit ke bawah pada halaman, dan menyisipkan ilustrasi kerawang untuk sedikit bakat. Ini bukan halaman sampul tercantik, tapi ini adalah contoh kerja yang bagus.

Sekarang setelah kita mendapatkan halaman sampul seperti yang kita inginkan, sekarang saatnya membuat template halaman sampul darinya.

Pertama, pilih semua yang ada di dokumen (itulah mengapa kami menyarankan untuk memulai ini di dokumen kosong) dengan menekan Ctrl + A. Selanjutnya, kembali ke tab “Sisipkan” dan kemudian klik tombol “Cover Page” lagi.

Kali ini dari menu drop-down, Anda pilih perintah “Save selection to Cover Page Gallery” .

Di jendela yang terbuka, beri nama halaman sampul Anda dan isi deskripsi singkat jika Anda mau. Klik “OK” setelah Anda selesai.

Sekarang ketika Anda membuka menu drop-down “Cover Page” di masa mendatang, Anda akan melihat template halaman sampul baru Anda di bagian “General”. Klik untuk menyisipkannya seperti yang Anda lakukan pada salah satu halaman sampul bawaan Word.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *