Cara Melihat Kesehatan Baterai HP Android

cara melihat kesehatan baterai hp android

Sebagai Pengguna HP Android, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa kesehatan baterai Android. Cara melihat kesehatan baterai android dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang diperoleh dari google playstore . Aplikasi android untuk cek kesehatan baterai salah satunya bernama AccuBattery.

Namun, sebelum kita mulai menggunakan aplikasi AccuBattery, mari kita perjelas satu hal: Anda harus memainkan permainan panjang yang satu ini. Karena Android tidak menampilkan cara asli untuk memantau kesehatan baterai, aplikasi apa pun yang digunakan untuk tujuan ini harus mengawasi baterai Anda selama berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan sebelum dapat menentukan kesehatannya. Saat AccuBattery mulai mendapatkan gambaran tentang kesehatan baterai perangkat Anda dalam beberapa siklus pengisian daya, semakin sering Anda menggunakannya, semakin akurat hasilnya.

Baca juga: Cara Menghemat Baterai di HP Android

Hal pertama yang pertama: Unduh dan instal AccuBattery .

Segera setelah Anda menyalakannya, Anda akan melalui panduan singkat tentang apa yang dilakukannya dan bagaimana cara kerjanya. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini melakukan lebih dari sekadar mengukur kesehatan baterai Anda, meskipun itulah yang kami fokuskan di sini.

Selama penelusuran tersebut, Anda akan menemukan halaman yang membahas tentang kesehatan baterai — penting untuk diperhatikan di sini, karena ini semacam tulang punggung dari apa yang kita bicarakan hari ini.

Halaman berikut juga memungkinkan Anda mengatur slider yang memberi tahu Anda ketika baterai Anda mencapai persentase itu. Pengaturan default adalah 80 persen, yang diterima secara universal sebagai tempat terbaik untuk menjaga baterai Anda tetap terisi untuk kesehatan dan umur panjang. Namun Anda dapat melakukan panggilan yang paling sesuai untuk Anda di sini; misalnya, saya meninggalkan milik saya pada 100 persen karena saya menggunakan Android Auto dan bosan terus-menerus mengkhawatirkan ketika saya tidak dapat mencabutnya tanpa mematikan koneksi Auto saya.

Terakhir, AccuBattery berjalan melalui kalibrasi yang sangat cepat dan mendeteksi kapasitas baterai stok perangkat Anda.

Baca juga: Cara Melihat Aplikasi Yang Menguras Baterai di Android

Dan dengan itu, Anda masuk!

Catatan: Ada Aplikasi AccuBattery versi gratis dan AccuBattery Pro ($ 3,99), tetapi Anda tidak memerlukan versi Premium untuk memantau kesehatan baterai Anda. Namun, jika Anda menikmati fitur ini, saya mendorong Anda untuk membeli versi Premium dan mendukung pengembangan aplikasi luar biasa ini. Pada Versi Premium tidak ada tampilan iklan didalamnya dan juga memungkinkan Anda membuka overlay untuk memeriksa statistik baterai dan CPU di atas aplikasi lain.

Dari sini, gunakan saja perangkat Anda seperti biasa. Isi daya seperti biasa, dan gunakan saat biasanya. Hanya, Anda tahu, lakukan apa yang selalu Anda lakukan. Seiring berjalannya waktu, AccuBattery melacak siklus pengisian dan pengosongan Anda, lalu menggunakan informasi ini untuk memantau kesehatan baterai Anda.

Untuk melihat informasi ini, ketuk opsi “Kesehatan” di bagian bawah. Awalnya, ini hanya menunjukkan kosong di sini. Itu karena belum ada informasi yang bisa dikeluarkan. Karena Android tidak memberikan informasi baterai historis ke aplikasi, pada dasarnya harus dimulai dari awal.

Tapi masih ada lagi di sini. Seiring waktu, AccuBattery melacak keausan baterai Anda dan kapasitas keseluruhan. Sekali lagi, nomor-nomor ini bertambah seiring waktu, dan semakin sering Anda menggunakan ponsel, semakin baik hasilnya.

Ada juga catatan kecil yang memberi tahu Anda apa itu Kapasitas Baterai, tetapi Anda dapat mengabaikan ini jika Anda mau.

Saat Anda mengisi dan mengosongkan ponsel Anda, terus periksa layar ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan baterai ponsel Anda. Setelah beberapa minggu menggunakan Pixel 2 XL, berikut tampilannya:


Setelah dua atau tiga kali pengisian daya pertama, ini menunjukkan kesehatan sekitar 95 persen, tetapi seiring berjalannya waktu dan saya telah menyesuaikan praktik pengisian daya saya (pada dasarnya saya hanya mengisi daya ponsel setiap dua malam sekarang, terutama jika saya menghabiskan banyak waktu di dalam mobil terhubung ke Android Auto), kapasitas keseluruhan telah meningkat menjadi 97 persen.

Baca juga: Cara Mengubah Wallpaper HP Android Secara Otomatis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *