Cara Melihat Arah Jalan dengan Google Maps

Google Maps memiliki peran yang sangat bagus untuk mendapatkan petunjuk arah ketika Anda suka pergi traveling. Sehingga Anda tidak tersesat dijalan saat melakukan perjalanan pulang maupun pergi melalui jalan yang belum pernah dilewatinya.

Cara Melihat Arah Jalan dengan Google Maps bisa melalui HP Android maupun iPhone Anda. Namun hanya akan berfungsi jika perangkat Android atau iPhone Anda memiliki magnetometer yang dapat menemukan arah perjalanan Anda menggunakan medan magnet bumi.

Sebagian besar (jika tidak semua) perangkat Android modern memiliki magnetometer terpasang, seperti halnya semua iPhone terbaru.

Menemukan Arah Anda Menggunakan Google Maps
Anda dapat dengan mudah menemukan arah perjalanan Anda menggunakan tampilan peta Google Maps.

Petunjuk ini akan berfungsi dengan baik pada perangkat iPhone atau Android , tetapi Anda juga perlu mengkalibrasi kompas terlebih dahulu untuk memastikan arah jalan seakurat mungkin.

Anda juga harus pastikan terlebih dahulu untuk mengaktifkan layanan lokasi pada ponsel Anda agar dalam menentukan lokasi dan arah Anda lebih akurat.

Di aplikasi Google Maps, Anda akan melihat simbol kompas kecil di pojok kanan atas, di bawah tombol untuk mengubah medan dan gaya peta. Jika kompas saat ini tidak terlihat, gunakan dua jari Anda untuk menggerakkan tampilan peta ke sekeliling untuk menampilkannya.

Simbol merah pada ikon kompas menunjuk ke utara, sedangkan simbol abu-abu menunjuk ke selatan. Ikon balok biru Anda akan menunjukkan arah perjalanan Anda saat ini.

Dalam contoh di atas, arah perjalanan saat ini kira-kira ke timur, karena utara mengarah ke sisi kanan. Dengan menggunakan ikon kompas sebagai panduan, Anda kemudian dapat bergerak ke arah yang benar, apakah itu utara, selatan, timur, atau barat.

Menemukan Arah Utara Menggunakan Google Maps
Daripada menggerakkan peta secara manual untuk menghadap ke arah tertentu, Anda dapat mengetuk ikon kompas untuk secara otomatis mengarahkan tampilan peta ke utara dan selatan di lokasi Anda saat ini.

Artinya, selama ikon biru Anda memiliki balok yang mengarah ke atas, Anda sedang menuju utara. Jika mengarah ke bawah, Anda menuju ke selatan, dll. Untuk melakukannya, ketuk ikon kompas di pojok kanan atas tampilan peta Google Maps.

Posisi peta Anda akan bergerak, dengan ikon yang diperbarui untuk menunjukkan bahwa Anda mengarah ke utara.

Setelah beberapa detik, ikon kompas akan menghilang dari tampilan peta. Ini hanya akan muncul kembali jika Anda memindahkan peta secara manual, menunjukkan posisi utara dan selatan yang benar untuk membantu Anda menavigasi.

Dengan tampilan peta yang dikalibrasi ke arah utara, Anda kemudian dapat mengubah arah menggunakan ikon balok biru untuk membantu Anda. Selama balok mengarah ke atas, Anda mengarah ke utara.

Misalnya, jika ikon balok biru Anda mengarah ke sisi kiri, maka Anda menuju ke timur. Jika Anda perlu mengubah tampilan peta secara manual, kompas akan muncul kembali, memungkinkan Anda untuk melacak arah perjalanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *