Cara Convert PDF ke Word

Dokumen PDF dibuat terkadang memang disengaja oleh pemiliknya agar memiliki format yang sama dengan file aslinya saat didistribusikan ke semua pihak.

Sehingga tidak mudah untuk di edit ke dalam bentuk format lain. Tetapi bagaimana jika Anda ingin melakukan edit teks pada dokumen PDF?

Baca juga: Tombol Pintas Microsoft Word

Jika ingin mengubah dokumen PDF Anda harus melakukan convert PDF ke Word terlebih dahulu sehingga Anda dapat membuat perubahan teks dengan lebih mudah.

Tenang saja Techtimed.com akan membantu mengulas cara convert pdf ke word, Yuk! simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Ubah PDF menjadi Dokumen Word Menggunakan Acrobat DC atau Acrobat Reader DC
Acrobat DC dan Acrobat Reader DC milik Adobe keduanya menawarkan cara mudah untuk mengonversi file PDF ke dokumen Word. Namun aplikasi convert pdf ke word Acrobat DC atau Acrobat Reader DC ini mengharuskan Anda untuk membelinya alias tidak gratis.

Acrobat DC lengkap memiliki versi standar (hanya untuk Windows) yang menjalankan $ 12,99 per bulan dan versi pro (Windows dan Mac) yang berjalan $ 14,99 per bulan. Dan keduanya membutuhkan komitmen tahunan. Cukup berlebihan jika yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonversi PDF ke format Word sesekali. Tetapi jika Anda sudah memiliki Acrobat DC, maka Anda harus menggunakannya untuk mengonversi PDF Anda.

Baca juga: Cara Menghapus Halaman di Microsoft Word

Acrobat Reader DC, di sisi lain gratis, tetapi Anda harus menaikkan biaya $ 1,99 per bulan jika Anda ingin dapat mengonversi PDF ke format lain, seperti Word. Jika itu adalah sesuatu yang perlu Anda lakukan secara teratur, biaya itu mungkin sepadan karena menggunakan Acrobat adalah cara paling andal untuk mengubah PDF Anda ke dokumen Word, karena cenderung mempertahankan pemformatan dengan cukup baik.

Kami akan melihat menggunakan Acrobat DC lengkap untuk membuat konversi dalam contoh kami di sini. Jika Anda menggunakan Acrobat Reader DC, prosesnya hampir sama. Anda tidak akan memiliki cukup banyak format yang dapat Anda konversi. Keduanya mendukung Word.

Pertama, buka PDF di Acrobat. Di sisi kanan jendela, klik perintah “Ekspor PDF”.

Baca juga: Cara Mengubah Word ke JPEG

Selanjutnya, pilih opsi “Microsoft Word” di sebelah kiri. Di sebelah kanan, memilih “Word Document” akan mengubah PDF menjadi dokumen Word modern dalam format DOCX. Memilih “Word 97-2003 Document” mengonversi PDF ke format DOC yang lebih lama.

Setelah Anda menentukan pilihan, klik tombol “Exsport”.

Di layar berikutnya, pilih tempat Anda ingin menyimpan dokumen Word baru Anda.

Baca juga: Cara Membuat Label di Word

Ketik nama untuk dokumen tersebut, lalu klik tombol “Save”.

PDF Anda sekarang disimpan sebagai dokumen Word, jadi buka di Word dan mulai mengedit.

Baca juga: Cara Mencari Teks di Word

Cara Convert PDF ke Word Menggunakan Microsoft Word
Menggunakan micsoroft word Anda dapat melakukan convert PDF Anda ke dokumen Word. Mengonversi di Word sering kali menyebabkan masalah gaya dan pemformatan. Namun, cara ini pasti berfungsi cukup baik untuk dokumen sederhana atau ketika Anda hanya perlu melakukan edit teks maupun formatnya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

Klik “File” pada pita Word.

Di sidebar yang terbuka, klik tombol “Open”.

Pada halaman Buka, telusuri ke mana pun PDF Anda disimpan (This PC, OneDrive, atau dari drive apa pun).

Cari dan pilih PDF Anda, lalu klik tombol “Open”.

Munculan peringatan, yang menunjukkan bahwa dokumen baru Anda mungkin kehilangan beberapa formatnya sebagai PDF. Jangan khawatir. PDF asli Anda akan tetap utuh; ini hanya memberi tahu Anda bahwa dokumen Word baru yang Anda buat dari PDF mungkin tidak terlihat persis sama. Klik tombol “OK”.

Word mengonversi PDF dan membuka dokumen Word baru Anda segera.

Cara Convert PDF ke Word Menggunakan Google Docs
Google Docs menyediakan cara lain yang aman dan andal untuk mengonversi PDF Anda ke dokumen Word.

Ini adalah proses dua langkah di mana Anda pertama kali mengonversi file ke dokumen Google Docs, dan kemudian mengonversinya menjadi dokumen Word — jadi Anda mungkin akan kehilangan beberapa format saat melakukan konversi.

Jika Anda memiliki Word, lebih baik Anda melakukannya di Word saja. Namun, metode ini dapat berguna jika Anda tidak memiliki Word, tetapi perlu mengonversi PDF menjadi dokumen Word yang ingin Anda kirimkan kepada orang lain.

Buka Google Drive Anda, lalu klik tombol “New”.

Klik opsi “File Upload”.

Cari file PDF Anda, lalu klik tombol “Open”.

File baru Anda sekarang akan muncul di Google Drive Anda.

Selanjutnya, klik kanan file Anda di Google Drive, klik menu “Open With”, lalu klik opsi “Google Docs”.

File Anda sekarang akan terbuka sebagai dokumen Google Doc.

Kemudian, klik menu “File”.

Klik menu “Download As”, lalu klik opsi “Microsoft Word (.docx)”.

Saatnya File Google Docs Anda akan dikonversi ke format Word dan diunduh ke PC lokal Anda sebagai dokumen Word.

Baca juga: Cara Mengatur Spasi Baris dan Spasi Paragraf di Microsoft Word

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *