Antivirus Terbaik untuk Laptop Windows 10 dan Macbook

antivirus

Pada umumnya laptop / komputer yang terserang virus akan membuat kinerja laptop menjadi lambat sering hang. Cara mengatasi komputer hang salah satunya adalah dengan memasang antivirus terbaik dan ringan.

Sebagai pengguna laptop windows maupun MacOS tentunya menginginkan komputer / laptopnya terhindar dari serangan virus. Namun saat ini banyak antivirus yang bersaing satu sama lainnya.

Sehingga membuat pengguna laptop bimbang dalam memilih mana antivirus terbaik untuk windows 10 dan mana antivirus terbaik untuk macbook.

Sebenarnya tak perlu diambil pusing, pada dasarnya semua antivirus windows 10, windows 7 maupun macOs memberikan peran yang baik untuk menjaga perangkat kita dari serangan virus atau malware.

Akan tetapi, masing-masing antivirus memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut beberapa rekomendasi antivirus terbaik yang perlu Anda coba untuk menjaga laptop/komputer dari gangguan virus.

Windows Security ( Antivirus Windows Defender)

Windows security merupakan antivirus bawaan dari windows. Antivirus ini dapat kamu gunakan secara gratis untuk menjaga perangkat dari serangan malware yang dapat merusak sistem operasi.

Windows Security sebenarnya sudah cukup bagus untuk menangkal virus masuk ke perangkat kita.

Agar perannya dapat selalu optimal, sebaiknya lakukan update secara berkala.

Tujuannya agar virus-virus yang baru muncul dapat diatasi dengan sistem yang telah diperbarui.

Peran dari Windows Security pada Windows 10 terbilang sangat handal untuk menjaga sistem operasi komputer agar terhindar dari serangan virus dan malware.

Cara melindungi komputer dari serangan virus menggunakan antivirus Windows Security:

1. Melakukan Update Windows

Melakukan update windows adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar Windows Security punya database jenis virus yang terbaru sehingga komputer selalu terlindungi dan aman dari gangguan virus.

Cara melakukan update, Anda bisa langsng masuk ke menu Settings > Update & Security > Check for update.

Setelah itu, proses update akan berjalan, tunggu proses update sampai selesai, setelah update udah selelai kemudian lakukan restart komputer Anda.

2. Mengaktifkan Real-time protection

Fitur Real-time protection dapat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi komputer secara terus menerus pada saat kita sedang browsing di internet.

Salah satu contoh yang sering terjadi timbulnya serangan virus adalah pada saat download aplikasi dari internet, maka dengan fitur Real-time protection ini akan mendeteksi virus secara otomatis dan memberikan Anda peringatan apabila aplikasi yang telah diunduh terjangkit virus.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kita dapat mengantisipasi masuknya virus ke perangkat kita sejak dini.

Jadi, kalau file tersebut terindikasi mengandung malware, kita dapat segera menghapusnya agar tidak menyebar ke seluruh system.

Cara mengaktifkan Real-time protection sebenarnya sangat gampang, Anda bisa langsung masuk ke menu Settings > Updates & Security > Windows Security > Virus & threat protection settings > Manage settings > kemudian aktifkan opsi Real-time protection dan semua opsi yang ada di bawahnya.

3. Mengaktifkan App dan browser control

Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan App dan Browser control. Tujuannya agar file hasil download tidak terinveksi oleh virus yang dapat merusak sistem di perangkat kita.

Fitur App dan browser control ini memiliki peran untuk mengecek atau mengontrol setiap file yang telah diunduh dari internet.

Jika file-file dari internet terdapat virus yang dapat membahayakan komputer maka akan muncul peringatan yang mengisyaratkan bahwa file-file tersebut mengandung virus berbaya dan tidak perlu di install ke dalam sistem.

Cara mengaktifkan App dan browser control caranya sangat gampang, begini caranya.

Anda langsung saja masuk ke menu setting > Windows Security > Kliki App & browser control

  • Pada Check apps and files pilih opsi Warn
  • Pada SmartScreen for Microsoft Edge aktifkan menjadi ON
  • Pada SmartScreen for MIcrosoft Store apps pilih opsi Warn

4. Semua indikator pada Windows Security harus dipastikan terdapat tanda centang hijau

Windows Security pada windows 10 agar dapat berperan sebagai antivirus terbaik langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memastikan semua fitur aktif diaktifkan dengan tanda centang hijau dan terupdate.

Apabila fitur memiliki tanda centang hijau berarti kinerja fitur tersebut dapat berjalan dengan baik dan normal tanpa masalah.


Kelebihan Windows Security (Windows Defender):

  • Bisa digunakan secara gratis dan dijamin keasliannya karena bawaan dari windows
  • Dapat bekerja secara optimal
  • Ringan dan tidak membuat berat pada sistem operasi
  • Tidak terdapat notifikasi yang berlebihan sehingga tidak mengganggu seperti antivirus pada umumnya.
  • Mendapatkan maintenance langsung dari Microsoft

Kekurangan Windows Security (Windows Defender):

  • Sering medeteksi program yang tidak sesuai dengan sistem windows sebagai virus, contohnya aplikasi crack atau sejenisnya.
  • Memiliki kontrol yang sangat terbatas.

B# Antivirus Bitdefender

Antivirus Bitdefender selain dapat digunakan untuk laptop yang berbasis windows juga dapat digunakan untuk MacOs. Antivirus Bitdefender dapat ditambahkan untuk menjaga komputer dari serangan virus selain Windows Security sehingga memberikan peran yang sangat kuat.

Antivirus Bitdefender merupakan salah satu jenis antivirus terbaik yang dapat digunakan Windows 10 maupun macOS.

Deteksi score pada bitdefneder terbilang cukup baik dan saat melakukan scanning komputer sangat ringan.

Selain itu bitdefender juga memiliki fitur unlimited password manager, Wi-Fi scanner, dan secure browser untuk browsing dengan aman di internet. Sehingga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi pengguna.

Penggunaan Bitdefender juga terbilang sangat mudah, setelah dilakukan installasi aplikasi ini akan berada di tray icon dan sehingga bisa diakses dengan mudah untuk melakukan scanning pada drive atau perubahan pengaturan.

Kelebihan Antivirus Bitdefender:

  • Walaupun berbayar tetapi juga tersedia versi gratis
  • Digunakan sangat ringan
  • Tampilan UI sangat mudah untuk digunakan

Kekurangan Antivirus Bitdefender:

  • Tidak terdapat opsi untuk melakukan customation
  • Tidak terdapat fitur schedule quick scan

Download Bitdefender di sini: https://www.bitdefender.com/solutions/free.html

C# Avast Free Antivirus
Avast juga termasuk salah satu Antivirus terbaik untuk Windows 10 . Hampir semua fitur pada antivirus Avast diberikan secara gratis tidak seperti pada antivirus umumnya.

Secara umum saat ini kebanyakan antivirus banyak yang berbayar. Walaupun masih menyediakan versi yang gratis namun keterbatasannya fitur terbilang sangat banyak tidak seperti pada fitur antivirus avast ini.

Untuk menikmati fitur lengkap pada antivirus Avast Anda tidak perlu merogoh kocek yang besar untuk membeli versi premium, karena fitur pada versi free dari antivirus Avast ini sudah cukup untuk melindungi komputer dari serangan virus sehingga komputer tetap aman dan nyaman digunakan.

Bila ada budget lebih tidak ada salahnya mencoba antivirus avast yang versi premium untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap lagi.

Pada versi gratis antivirus Avast ini cukup banyak menawarkan fitur yang lebih lengkap seperti password manager, Wi-Fi network scanner, dan VPN services.

Selain itu, kita juga diberikan kemudahan untuk melakukan modifikasi pada tampilan interface yang ada pada aplikasi antivirus tersebut.

Kelebihan:

Fitur cukup lengkap dan gratis
Bisa dilakukan modifikasi pada tampilan interface
Terdapat fitur VPN yang bisa dinikmati secara gratis

Kekurangan:

Proses melakukan scanning terbilang lebih lama
Resource yang digunakan lumayan banyak
Sering muncul notifikasi upgrade ke versi berbayar sehingga cukup mengganggu pengguna.

Download Avast di sini: https://www.avast.com/

D#. Kaspersky

Kaspersky merupakan Aplikasi antivirus yang sudah sangat familiar dan termasuk jenis antivirus terbaik untuk Windows 10.

Untuk menikmati fitur lengkap antivirus Kaspersky terbilang cukup mahal, tapi juga menyediakan versi antivirus free yang bisa di install di laptop Anda dengan mudah.

Tampilan UI yang dimiliki Kaspersky Free Antivirus juga sangat mudah untuk digunakan dan fitur kostumasi yang terdapat pada antivirus tersebut cukup lengkap. Aplikasi antivirus Kaspersky tidak memakan banyak resource sehingga bisa digunakan cukup ringan.

Fitur perlindungan dari malaware dan antivirus serta Kaspersky security cloud juga disediakan [ada versi gratis.

Kelebihan:

Perlindungan yang cukup solid untuk membasmi virus dan malware
Digunakan sangat ringan
Proses melakukan scanning komputer sangat cepat

Kekurangan:

Terdapat banyak yang tidak bisa digunakan pada versi gratis

Download Kaspersky di sini: https://usa.kaspersky.com/free-antivirus

E#. AVG Antivirus Free

AVG termasuk salah satu jenis antivirus komputer dengan kemampuan untuk mendeteksi malware yang terkenal sangat baik. Sehingga antivirus ini juga perlu Anda coba sebagai pelindung komputer anda dari serangan jahat virus.

AVG hanya membutuh sedikit resource saat melakukan sccaning sehingga akan terasa lebih ringan kinerjanya.

Antivirus AVG juga menawarkan fitur lengkap pada versi gratis, jika hanya diperlukan untuk sekedar melindungi komputer dari malware dan virus dengan menggunkan AVG Free Antivirus terbilang sudah cukup.

Kelebihan AVG:

Gratis
Dapat dilakukan Customisasi
Tidak memberatkan sistem operasi komputer

Kekurangan AVG:
Sering muncul notifikasi untuk upgrade ke versi berbayar sehingga sangat mengganggu pengguna
Download AVG di sini: https://www.avg.com/en-us/free-antivirus-download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *